nhk

MotoGP Qatar 2017 (Jelang) : Randy Mamola Pertanyakan Kehebatan Rossi Di Seri Pembuka

Rossi, Luca, mentor
Rossi berdiskusi sama Luca Cadalora (kanan)

ManiakMotor – Menguatnya pertarungan antara Marc Marquez dan Maverick Vinales yang sudah ditunggu-tunggu pada balapan pembuka di Losail, Qatar (26/3), ada yang menggelitik Randy Mamola. Mantan pembalap GP500 (sekarang disebut MotoGP) era 1980-an, kini selain jadi komentator di TV juga penulis kolom. Tulisannya kali ini ia memberi judul; Apakah Musim MotoGP 2017 Akan Menyakitkan Rossi?”

Trus, pertanyaan lain dalam benak Mamola, seperti apa penampilan Rossi di balapan pembuka, pekan ini? Mengingat, tulis Mamola, The Doctor belum menikmati yang terbaik dari tes pra-musim. Mamola pun menganalisis beberapa fakta yang tak terbantahkan.

Pertama, kedatangan Vinales di garasi Yamaha bikin Rossi terkejut. Setelah bertahun-tahun hubungan kontroversial, ketegangan di kubu Yamaha menguap saat Lorenzo pindah ke Ducati. Tapi, itu hanya sebentar karena selama tes pra-musim, Vinales tampil mengesankan dan tercepat terus. Ini berarti, gesekan di garasi Yamaha akan muncul lagi.

Kemudian (kedua), Rossi sebagai pembalap berpengalaman dalam bisnis balap, dia bisa membuktikan kalau dirinya tahu semua trik. Fakta bahwa penampilannya terus di bawah Vinales selama tes, apakah kelemahannya menjadi nyata? Mamola belum mengkonfirmasi soal ini, tapi dalam pengamatannya, Vinales akan memainkan peran utama musim ini.

Terakhir (ketiga), selama tes pra-musim, Vinales tidak pernah jatuh. Sedang Rossi sudah mengalaminya dan lebih parah Marquez sampai tujuh kali. Lima kali dialami di sirkuit Losail, Qatar, tiga kali di hari tes terakhir. Kalau sudah jatuh-jatuh berarti sudah memaksakan kecepatan dibanding yang nggak jatuh. Kalimat ter terakhir itu dari portal ini bro, bukan dari Mamola. Hanya menyambung saja.

Balapan pembukan, pekan ini, jadi jawaban performa Rossi sesungguhnya. Terutama, targetnya kejar juara dunia ke-10, tahun ini. “Mudah-mudahan cuaca baik,” tutup Mamola. Rezki

BAGIKAN