nhk

MotoGP Qatar 2017 (Jelang) : Thailand Tuan Rumah 2018, Indonesia Tarung Sama Tiga Negara

Motogp, Thailand, 2018
Sirkuit Internasional Chang, Buriram saat jadi tuan rumah WSBK

ManiakMotor – Indonesia dan Thailand sama-sama ingin menjadai tuan rumah motogp di 2018. Pada lomba di Sepang, Malaysia, tahun lalu, delegasi Indonesia dipimpin Gubernur Sumsel Alrx Nurdin sudah ketemua sama Dorna. Pembangunan sirkuit pun sudah dilakukan di sekitar Jakabaring, Sumsel. Negeri gajah putih pun sudah menargetkan agar rombongan sirkus motogp mampir ke mereka.

Thailand sudah siap dengan sirkuit internaional Chang di Buriram. Trek ini sudah mementaskan kejuaraan dunia superbike (WSBK) sejak 2015 sampai sekarang. Untuk mendukung motogp datang, pemerintah turut mendukung dengan menyisihkan uang.

Kemarin (21/3), kabinet pemerintah Thailand telah mengalokasikan dana 300 juta Baht atau 8,7 juta dolar Amerika (setara Rp116,07 miliar) untuk membayar hak sebagai penyelengggara selama tiga tahun (2018 – 2020). Kementerian Olahraga dan Parawisata Thailand sudah mengajukan ke Dorna Sports Group sebagai pemilik hak agar Thailand bisa masuk kalender tahun depan yang rencananya berlangsung 21 seri.

Tinggal sekarang, siapa yang paling cepat melobi dan membayar. Karena, bocoran dari Dorna, Thailand kemungkinan masuk kalender tahun depan. Negara lain yang kepincut, “Finlandia sudah mengajukan, lalu ada Kazakhstan, Hungaria, dan Indonesia,” sebut Dorna Sports.

Untuk Indonesia, apakah gerakan sudah seperti dilakukan Thailand? Rezki

BAGIKAN