nhk

MotoGP Qatar 2017 (Jelang) : Wuih Rossi dan Pedrosa Rekrut Senior Sebagai ‘Mentor’

Rossi, Luca, mentor
Rossi berdiskusi sama Luca Cadalora (kanan)

ManiakMotor – Kurang hebat apa Valentino Rossi sudah 9 kali juara dunia dari tiga kelas berbeda – 125 (moto3), 250 (moto2), dan GP (MotoGP) dan paling senior. Kenyataannya, The Doctor masih membutuhkan ‘mentor’ yang menunjuk Luca cadalora. Lankah serupa juga diikuti Dani Pedrosa merekrut mantan pembalap motogp Sete Gibernau dan Jorge Lorenzo dengan Wilco Zeelenberg (pembalap GP 250 cc).

Mentor di sini bisa dibilang pelatih, tapi bukan mengajari teknik balap. Peran mereka lebih sebagai pengamat dan pemberi masukan sesuai yang diinginkan pembalapnya. Meski sudah tergolong pembalap papan atas, ketatnya persaingan di arena dan teknologi, membuat ketiga pembalap butuh pendamping khusus.

Seperti Rossi, misalnya memakai jasa Luca yang mantan juara dunia 125 dan 250 cc sejak tahun lalu. Ia memberi hasil positif dengan Rossi tampil sebagai runner up. Kerja sama pun dilanjutkan tahun ini sebagai percobaan dan kata Rossi menguji apakah pria 53 tahun itu bisa meningkatkan penampilannya.

Peran Luca cukup berhasil terhadap Rossi tahun lalu. Bayangkan, konspirasi Lorenzo dan Marquez pada 2015 membuat mental The Doctor labil. Banyak yang meragukannya bisa beprestasi lebih baik pada 2016. Tapi, berkat peran Luca, Rossi pun hampir dapat merebut gelar ke-10 jika tidak jebol mesin di Italia dan membuat kesalahan di beberapa balapan berikutnya.

Dengan hasil itu, Rossi pun bersedia di ‘dampingi’ Luca. “Bekerja untuk Rossi merupakan realisasi dari mimpi,” bilang Luca tanpa menyebut wejangan apa yang sudah dan akan diberikan pada juniornya. Rezki

BAGIKAN