nhk

MotoGP: Regulasi F1 Berubah, Pelajaran Buat Dorna

 

ManiakMotor – Bernie Ecclestone dan pasukannya di ajang balap Formula 1 memang kreatif mengutak-atik regulasi agar balapan tetap togang sampai seri akhir. Tak ada istilah main aman. Itu harusnya ditiru MotoGP.

Pada  musim depan, seri terakhir F1 akan diganjar poin ganda untuk kejuraan pembalap maupun konstruktur. Biasanya sang jura diberi poin 25 dan runner-up dapat 20, maka khusus di seri akhir itu jadi 50 dan 40. Itulah salah satu poin penting dari rapat khusus F1 Strategy Group dengan Formula One Comission di Paris, parancis, Senin (9/12). “Itu diberlakukan agar semuanya tetap fokus sampai putaran terakhir,” bunyi hasil rapat itu yang dituangkan dalam bentuk rilis.

Itu adalah kreasi terbaru untuk meminimalisasi adanya main safe menghadapi beberapa seri terakhir. Singkatnya, balapan tetap berkualitas dan menguntungkan sponsor dan penonton. Dengan poin ganda itu, pembalap yang sedang unggul dalam klasemen pun masih harus bikin hitung-hitungan njlimet. Begitu pula para pembalap di bawahnya yang berebut posisi di klasemen.

Dorna Sports selaku promotor MotoGP pastinya sudah mendengar atau membaca perubahan regulasi di F1 itu. Silakan berharap agar Opa Carmelo Ezpeleta akan memberlakukan hal sama di MotoGP. Pasalnya, ketegangan perebutan gelar juara dunia bisa dibilang kurang greget dalam dua musim terakhir. Musim 2013 Jorge Lorenzo sudah main aman dalam beberapa seri menjelang kejuaraan berakhir. Begitu pun Marc Marquez di musim 2013 yang sangat jelas cari aman di Motegi dan Valencia untuk mengunci gelar dunia.

Dengan memberlakukan poin dobel pastinya bikin perjuangan bisa berlanjut sampai lap terakhir di putaran terakhir. Seru kan, iya ndak! Andro

BACA JUGA

MotoGP: ‘Final’ Buat Rossi 2014, Lorenzo ‘Semifinal’ Di Yamaha, Ultimatum Kah?

MotoGP 2014: Nama Rossi Jaminan, Adidas Masuk Ke YFR Dan Tim Moto3-nya

MotoGP 2014: Tantangan Baru Pemasok Ban, Bikin Open Class Mampu Bersaing

MotoGP 2014: Punya Bos Baru, Aprilia Mucul Lagi Dengan Pabrikan

 

 

 

 

BAGIKAN