nhk

MotoGP: Rossi Dipuji Habis Orang Mercedes, Bawa F1 Jago Rem Dan Tikungan..!

Lewis Hamilton and Valentino Rossi - Valencia #LH44VR46

ManiakMotor – Baru lalu Valentino Rossi seharian penuh menunggang Mercedes F1 di sirkuit Valencia. Di situ dia dipuji orang F1 Mercedes. Dia punya orang sudah bisa membayangkan, bahwa Rossi akan membawa F1 seperti MotoGP. Eh ternyata mirip cara Rossi menggiring MotoGP di sirkuit.

Yang bicara begitu Direktur Strategi Mercedes F1 Motorsports James Vowles. Dia memuji dengan ikhlas dan tulus saat acara tukaran tunggangan M1 Rossi dengan F1 Mercy milik Lewis Hamilton tersebut, “Pendekatan Valentino sangat teliti. Dia bisa mendapatkan setelan dasar pada mobil seperti yang ia inginkan untuk racing line,” papar Wow eh ada Les-nya, maksudnya Wowles.

Katanya dari setelan dasar tersebut secara intuitif Rossi melakukan pengereman. Bagi Wowles, Rossi sangat mantap menghentikan mobil. Ya, iayalah, ngerem pakai roda empat kan lebih aman, hehe. Tentu saja, jarak pengeremannya jauh lebih dekat ke tikungan ketimbang motor yang menghasil g-force yang besar.

Kemudian, usai setting pengereman lancar, Rossi mulai membawa Mercy F1 pada kecepatan tikungan. Wowles pun terpaksa bilang wow…! Katanya dia, tidak meleset bayangannya terhadap Rossi yang seorang ahli menikung dengan motor MotoGP.

“Tekniknya itu sangat berkesan dan enak ditonton. Benar-benar bukti master sejati seorang juara MotoGP. Dan semakin banyak dia dengan F1, semakin menemukan kinerjanya. Sepanjang hari, dia memiliki area kekuatan. Salah satunya adalah late braking dan menggiring mobil dengan kecepatan sudut, dia benar-benar hebat dalam hal itu. Apalagi di tikungan lambat, sangat luar biasa,” tambah Wowles dengan sungguh-sungguh.

Menurut Wowles, Rossi hanya kalah sikit dari Hamilton di tikungan kecepatan tinggi.  Tapi itu wajar lantaran hanya seharian menggunakan mobil. “Tapi bila diberi waktu dua atau tiga hari dengan penyetelannya, dia akan di atas rata-rata,” tutup Wowles.

Dalam acara promo itu nggak keluar sama sekali catatan waktu resmi. Namun Sky Sports F1 bilang, Rossi ada tiga lap bersih dengan catatan 1,5 detik lebih lambat dari Hamilton menggunakan Mercedes F1 yang sama rakitan 2017. Sedang saat naik motor M1 si Hamilton lebih lambat 4 detik dari Rossi. M11

BACA JUGA

MotoGP: Sampel Urine Iannone Terbaru Diumumkan 7 Januari 2020

MotoGP 2020: Duet Kakak-Beradik Marquez Dalam Satu Tim Elit, Honda Korbankan Alex..!

MotoGP: Kenyataannya Rossi Ingin Lanjutkan Kontrak 2021

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353