nhk

MotoGP: Rossi Serius Bidik Juara Tahun Ini, Awal 2015 Berlatih Keras Soal Hendling

ManiakMotor –  Valentino Rossi tidak sembarangan melontarkan akan juara MotoGP 2015. Ambisi itu bukan dihadapinya berpangku tangan. Bila pembalap lain sekaliber dan setenar dia masih leha-leha libur Natal dan tahun baru, Rossi udah sangat sibuk. Bukan sibuk jalan-jalan atau promosi, tapi sibuk menambah skill sekaligus olah fisik yang keras.

Di sirkuit dirt track di tanah miliknya di Tavullia, Italia, pada Minggu 4 Januari 2015 dia kembali bikin lomba sekalangan. Ini lomba sudah part two yang judul lombanya La 100 Km Del Ranch. Bagian pertamanya pertengahan Desember 2014. Lombanya model ketahanan yang pembalapnya dibagi grup. Satu grup ada empat joki yang menempuh 100 km. “Bagian penting di lomba ini setiap pembalap harus tetap akan bugar, karena sifatnya endurance,” jelas Rossi saat diwawancara pada lomba tersebut dan videonya sudah diupload 5 Januari lalu di you tube: http://t.co/jKRLIUybef.

Rossi memang mengajak teman-teman dan murid-murdinya yang tergabung di VR46 Academy. Itu daripada latihan dewek yang kadang bikin bosan. Dengan system kompetisi akan terbangun semangat juang. Apalagi kompetisinya menggunakan transponder atau terukur. Transpondernya ganti-gantian. Selalu dipindahkan pada motor berikutnya. Maklum endurance-nya pakai motor sendiri-sendiri.

Terlihat Rossi dengan special engine Yamaha YZ250F sering mengurut untuk menghendling motor tersebut dengan belok pakai roda belakang. Lalu ia mengkonter dengan postur tubuhnya setiap kali keluar tikungan. Jelas betul, itu seolah-olah dia bermain dengan M1 di trek aspal. Gaya yang kerap kamu lihat saat Rossi sedang serius kejar musuh atau meninggalkan lawan sekaligus berduel di MotoGP.

Karena intisari dari dirt track untuk diterapkan pada aspal memang soal handling yang sekali daya tahan fisik. Terutama lagi nggak kaget kaget saat menggunakan M1 setiap kali itu motor goyang tak sengaja. Sejatinya di dirt track memang roda  motor bergeser terus. Kan di tanah. Lihat saja foto di atas, arah belok ke kiri malah setang kemudi dan roda depan menghadap ke kanan, sedangkan roda belakang ke samping kanan sesuai arah belok. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2015: Teknik Dirt Track (Tanah) Terbawa Ke Aspal (MotoGP)

MotoGP 2015: Honda Dukung Redding, Kesempatan Promosi ke Tim Pabrikan

MotoGP 2015: Penggantian Ban 2016 Pengaruhnya Lebih Besar Dari Regulasi Elektronik

MotoGP 2015: Edan, Crutchlow Berani Ancam Rossi, Marquez, Lorenzo, dan Pedrosa

MotoGP 2015: Lap Record 2014 Diborong Marquez, Rossi Nol

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353