nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP: Lorenzo Gabungkan Le Mans dan Mugello Sebagai Semangat Memenangkan Seri-9

ManiakMotor – Meski trek Sachsenring yang menjadi seri ke-9 musim motogp milik Honda, Jorge Lorenzo tidak gentar. Kendati, sejak kiprahnya di kelas raja mulai 2008 sampai tahun lalu, pembalap Movistar Yamaha itu belum pernah mencicipi podium pertama. Ia yakin bisa merepotkan duo Honda yang tahun lalu finish 1-2, termasuk ketertinggalannya 24 angka dari pemimpin klasemen sementara Marc Marques dengan 145 angka, bisa didekati.

JL datang ke Sachsenring dengan melupakan semua pengalaman pahit di Assen. Ia coba menggabungkan sukses yang diukir di Le Mans dan Mugello sebagai suntikan semangat untuk bertarung di seri-9 ini. Jujur Lorenzo menyadari sulitnya target yang telah ditetapkan, mengingat penampilan konsisten dari Marquez.

Ada beberapa faktor yang membuat JL yakin bisa bersaing bahkan memperkecil angkanya dengan MM. Pertama, soal motor. Meski MM tampil konsisten dengan Honda RC213V, ia tidak mendominasi kemenangan seperti di 2013 dan 2014. Justru MM dan Honda terus berjuang di beberapa seri balapan. “Jadi, saya pikir ini merupakan pekan penting dan akan baik untuk finis podium,” ungkap JL.

Lorenzo percaya betul, ada beberapa trek di mana seorang pembalap sangat kompetitif dari awal, sementara yang lain harus berjuang. “Sachsenring salah satu dari itu. Nah, saya selama empat tahun (2009-2012) membaik dengan posisi runner-up, tapi kemudian berjuang dua tahun terakhir. Saya tidak kehilangan harapan untuk menang di sini. Kalau tahun ini menjadi waktu saya,” tegas Lorenzo.

Selain Honda yang kini tengah berjuang, faktor lain membuat JL yakin bisa bersaing bahkan naik podium, adanya pemakaian ECU baru, termasuk juga ban baru Michelin. Ia mendukung keputusan Michelin menawarkan tiga pilihan ban untuk roda depan, termasuk desain baru asimetris.

“Saya pikir baik mempunyai tiga pilihan ban depan berbeda. Mari kita lihat besok, siapa menjadi yang terbaik di balapan. Kami memiliki ban terlembut dan terkeras dari normal. Untuk dua terlembut, pasti salah satunya akan baik untuk balapan,” tutup Lorenzo yang tahun lalu finish keempat. Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP 1: Rossi Berharap Tidak Hujan, Michelin Baru bakal Menciptakan Ketidakpastian 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang :Rossi Gelisah, Lorenzo Yakin Bisa Pecah-Pecahin Telur 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang : Wadu…uuuhh, Rossi Gelisah Tampil di Jerman, Padahal Performa Motor Bagus 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Sirkuit Stop And Go, Ujian Akselerasi RC213V Dan Ratanya M1 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Rossi dan Lorenzo Kritik Michelin Bawa Ban Asimetris, Utamakan Ban Basah

BAGIKAN