nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP1/FP2: Pakai Setingan 2015, Rossi Coba Akhiri Dominasi Akselerasi Honda

ManiakMotor – Posisi di klasemen terbilang kritis, defisit  42 poin dari Marc Marquez. Itu  membuat Valentino Rossi dan chief mechanic Silvano Galbusera harus cari akal baru. Tujuannya untuk bikin perbedaan di Sachsenring, sirkuit di Jerman Timur yang ironisnya  M1 kurang berkutik di situ.

Rossi tak ingin mengeluhkan karakter trek 13 tikungan itu yang dalam tradisinya dikuasai joki Honda. Perangkat elektronik dan spesifikasi ban baru bisa jadi modal untuk membalik keadaan. Terlebih lagi  Michelin kata Rossi punya grip yang baik di belakang dibanding Bridgestone yang bikin Honda merajai Sachsenring selama ini.

Dengan grip lebih kuat di belakang, akselerasi juga lebih jalan di sirkuit macam Sachsenring. “Kuncinya pada ban. Dengan regulasi baru kita akan lihat apakah trek ini masih lebih cocok buat Honda seperti tahun-tahun sebelumnya atau tidak. Saat pakai Bridgestone, Yamaha memang selalu sulit di sini. Kini dengan Michelin tentu berbeda, dan akan kita lihat, ” ucap VR46 di luar sesi press conference resmi, Kamis (14/7), karena ia memang tak ikut jumpa pers.

Rossi berharap Minchelin yang meluncurkan ban depan asimetris khusus untuk Sachsenring punya kinerja yang lebih baik. Belum ada data apapun yang bisa dipetik pembalap dari ban yang lebih tebal di sisi kiri itu. Jika The Doctor bisa beradaptasi lebih cepat dan menyelaraskannya dengan basis setup M1-nya maka hasil positif bisa diharapkan.

Doski juga bilang, ia dan timnya memutuskan pakai basis setingan motor yang persis sama dengan musim2015 di atas Bridgestone. Termasuk distribusi bobotnya yang berubah lantaran karakter Sachsenring yang twisty dan membuat pergerakan bodi pembalap berlangsung cepat dari satu tikungan ke tikungan berikutnya. Sesi latihanbebas pada jumat (15/7) ini akan jadi penentu bangunan setup berikutnya. Yang pasti, saat iniRossi merasa klop dengan karakter Michelin. “Asalkan tak hujan saat balapan, saya kira bisa kompetitif ke podium macam tahun lalu.” 

Omongan The Doctor cukup masuk akal bahwa ban akan jadi faktor krusial di garis depan. Pada musim ini, misalnya, duet Marquez dan DaniPedrosa di kubu Honda sudah berualangkali terkendala ban di saat lomba. Beda dengan Rossi yang sepanjang musim terlihat enjoy dengan Michelin.  Kalau ditengok pada tiga kasus DNF-nya sementara ini, jelas sekali hanya kesalahan dia sendiri. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP : Casey Stoner Dapat ‘Ilmu’ Baru dari Ducati

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP1/2): Kesampingkan Rossi, Marquez Fokus ke Lorenzo

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP: Lorenzo Gabungkan Le Mans dan Mugello Sebagai Semangat Memenangkan Seri-9

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi Berharap Kering, Michelin Baru Tanda Tanya

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Bisa Nggak Jolor Kalahkan Marquez?

BAGIKAN