nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang : Maquez Putuskan Terus Pakai Sasis 2014 Sampai Akhir Seri, Ini Negatifnya Sasis Baru

ManiakMotor – Marc Marquez sudah memutuskan kepada tim Honda akan terus memakai sasis 2014 sampai akhir musim kompetisi 2016. Pertimbangannya, bukan karena ia finish kedua di Assen atau sasis lama enak dibesut di trek licin. Lah, bagaimana jika treknya kering! Sasis baru yang ditawarkan Honda kurang menjanjikan, meski ada hal positifnya.

Kembali pilih sasis 2014 karena ia melihat dari grafik prestasi. Pada 2014, pembalap Spanyol ini mampu menorehkan kemenangan di 10 seri pertama. Akhir dari musim tersebut menggenapkan kedigdayaannya menyandang juara dunia kedua kalinya. Namun, tahun berikutnya (2015) tampil dengan sasis baru, ia bertarung bukan dengan Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo, tapi sama dirinya sendiri dalam menjinakkan motor.

Hasilnya, bisa ditebak. Ujung tombak tim Repsol Honda itu gagal mempertahankan prestasinya atau mencetak hat-trick juara dunia. Perbaikan pada sasis baru sudah dilakukan dan Marquez seperti keteter. Malah ia sempat tiga kali terjungkal dari motor di lima balapan. Akhirnya, ia pun memutuskan RC213V kembali pakai sasis lama.

Beda Dani Pedrosa, lain pula argumentasi Marquez soal sasis baru. Meski keduanya mengaku ada haal positif dari sasis baru, tapi Marquez melihat ada juga negatifnya. Positifnya, menurut MM saat ke luar tikungan, sedangkan negatifnya masuk tikungan sangat jelek. Honda sendiri masih bekerja mengurangi defisit akselerasi, sementara Marquez sangat bergantung pada bagian depan motor guna menutup waktu yang hilang saat pengereman.

“Sasis 2014 banyak memberi kepercayaan diri dengan ban depan. “Kami berusaha untuk menemukan komponen terebaik agar bisa menyesuaikan dengan bagian belakang sasis baru tersebut,” tututp MM. Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Marquez Sekarang Konsisten dan Sabar, Ini Pemicunya 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Marquez Lebih Main Otak Ketimbang Otot, Nyindir Rossi Nih? 

MotoGP Assen 2016 Race: Hujan Deras Lomba Sempat Dihentikan, Jack Miller Juara, Marquez Ke-2, Rossi Jatuh 

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

BAGIKAN