nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Marquez Tetap Menghitung Pedrosa Dan Rossi


 

ManiakMotor – Model sirkuit, karakter motor dan jokinya menjadi kesatuan. Begitu Marc Marquez kembali pole di sirkuit Sachsering, Jerman. Di Q2 yang berlanngsung Sabtu 16 Juli dia ‘dengan mudah’ menempatkan dirinya menjadi yang tercapat. Dia nggak susah-susah amat mencetak 1’21.160 dan meninggalkan posisi kedua 0.412 detik.

Sebagai gambaran penguasaan sirkuit Sachsering yang dimiliki Marquez, dia sudah 7 kali pole di sirkuit sepanjang 3.7 km tersebut. Di MotoGP, ya sejak dia bermain 2013.  “Sirkuit yang memang cocok untuk  saya. Khsusus kualifikasi ada setelan khusus pada motor dari hasil mempelajari semua data siang dan berhasil dengan langkah tersebut,” jelas Marquez tanpa sebut langkah apa yang dia lakukan.

Kalau mesin sudah pasti tertutup untuk dikorek-korek. Yang ada tinggal mapping atau pemetaan pada ECU-nya disesuaikan dengan model Sachsenring. Ya macam sampeyan pindah sirkuit lain untuk menyetel girboks dilanjutkan pada final gir. Semua perubahan itu akan mengubah arus bahan bakar dan pengapian. Kalau di MotoGP pengaturannya sudah elektronik yang canggih, pak.

Biasanya dalam hal kualifikasi dan lomba Honda memang kuat di Sachsenring yang banyak memainkan gigi rendah. Otomatis juga banyak menari-nari pada kecepatan yang lambat untuk ukuran MotoGP di tikungan yang berdekatan. Dengan tipikal itu, Marquez lebih senang menggunakan sasis 2014 yang ia gunakan di Assen. Marquez sempat coba sasis baru disodorkan HRC pada hari kedua kemarin.

Biasanya pula Marquez selalu didampingi Dani Pedrosa di front row, karena sama-sama pakai motor yang doyan sirkuit macam itu. Lagi pula Pedrosa sebelum Marquez di MotoGP adalah jagonya di sirkuit yang banyak menikung kiri tersebut. Tapi 2016 ini dari hasil Q2, Pedrosa hanya ke-10.

Tetap saja Marquez tidak pandang sebelah mata pada Pedrosa. Dia tetap menghitung rekan setimnya di Repsol Honda tersebut. “Dia (Dani Pedrosa) punya keahlian khusus di Sachsenring. Dia tetap harus diwaspadai. Saya lihat Valentino juga cepat di hari kedua dan perlu dijaga juga saat race,” tandas Marquez dengan senyum khasnya dan berharap cuaca baik-baik saja.

Iya kalau di atas kertas Marquez memang sulit dilawan. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP Sachsenring 2016 Q2: Marquez Pole, Rossi Front Row, Lorenzo 3 Kali Jatuh

MotoGP Sachsenring 2016 FP4: Iannone Tercepat, Marquez 2, Pedrosa 3, Rossi 6

MotoGP Sachsenring 2016 FP3: Marquez Tercepat, Rossi Ke-4, Lorenzo Gagal Langsung Q2

 

 

BAGIKAN