nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Tim Independen Sumringah Pulang Dari Jerman, Meski Gagal Total

ManiakMotor – Kalo saja Hector Barbera yang sudah start posisi kedua gagal naik podium di event “GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland” di Sachsenring, Jerman, sore ini (17/7) tidak bakal menyesal. Pembalap Spanyol itu, juga timnya Avianta Racing sadar betul sangat tidak mungkin bisa menyaingi tim pabrikan, apalagi dalam cuaca normal. Kecuali, kondisinya seperti di Assen, Belanda. Ya, mau menang ato kalah kek, usai seri-9 ini skuad Avianta Racing pulang dengan hati senang.

Begitu juga, 6 tim privateer (independen) lainnya seperti Aspar MotoGP Team (Honda RC213V), Gresini Racing Team (Aprilia RS-GP), Marc VDS (Honda RC213V), Octo Pramac Racing (Ducati Desmosedici GP15), LCR (Honda RC213V), dan Monster Yamaha Tech 3 (Yamaha YZR-M1). Pasalnya, Dorna akan menaikkan jumlah pemberian dana untuk partisipasi mereka pada musim depan. Tujuannya, agar bisa lebih kompetitif atao minimal tetap berpartisipasi.

Memang, sebelum dimulai kualifikasi, Dorna rapat sama IRTA dan pemilik tim independen. Disepakati, mulai tahun depan dan seterusnya, tim privateer aakan menerima uang untuk menutupi biaya maksimum motor balap mereka. Pemberiaannya diatur sampai maksimal 2,2 juta Euro. Trus, tim mendapat dua unit motor balap untuk satu pembalap. Sedangkan ada merek lain mau ikut berlaga, silakan gabung dengan tim independen seperti yang dilakukan Aprilia bersama Gresini.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebutkan bahwa perkembangan bagi dunia balap motogp tak hanya sebatas pada tim independen saja. Ketika di Assen, pihaknya sudah rapat dengan IRTA (International Racing Team Association) untuk lima tahun ke depan. Dalam perjanjian, tim privateer mendapat hak eksklusif untuk berpartisipasi sampai 2021. “Lucio dan timnya LCR memiliki kesempatan menambah pembalap kedua dengan total 24 motor di garis start,” sebut Carmelo.

Dijelaskan pula, bahwa dari 2016 sampai 2017, pembayaran kepada tim sudah hampir mencapai 100%. “Nah, dengan dana itu tim bisa meningkatkan kualitas motor mereka,” tutup Carmelo. Rezki 

 

BACA JUGA 

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang Race): Pedrosa Bisa Bantu Marquez Kalau… 

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang Race): Horor Buat Lorenzo, Ban Yang Disalahkan 

MotoGP Jerman 2016 Jelang Race: Rossi Mengakali M1 Cepat Di Tikugan Sempit Sachsenring 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Marquez Tetap Menghitung Pedrosa Dan Rossi

BAGIKAN