nhk

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Skill Pedrosa Keluar Tikungan Mandek, Parah Dalam Karirnya

 

ManiakMotor – Presisi menentukan sudut  racing line keluar tikungan kelebihan Dani Pedrosa yang nggak dimiliki pembalap selevel dia di MotoGP. Dia bisa mengembangkan dan mengembangkn kecepatan membidik sudut yang tepat. Motornya selalu melucur deras di area ini, apalagi kalau tikungannya mengarah ke kiri. Eiit sebelum baca terus, minal aidin wal faidzin dulu bro, cup, cup cipika-cipiki. Mohon maaf lahir batin.

Sayang, nilai itu nggak terpakai dengan speksifikasi RC213V saat ini. Motornya sulit dikebut sesuai kemauannya. “Banyak masalah saat keluar dari tikungan, motor tidak mau nurut seperti yang diinginkan. Itu mempengaruhi dan mengurangi salah satu keterampilan terkuat saya yang presisi pada sudut-sudut keluar tikungan,” ujar Pedrosa di motorsport.

Seperti diketahui, pengembangan RC213V saat ini, Pedorsa mengaku kurang telibat. Rancang bangunnya lebih banyak atas permintaan kubu Marc Marquez. Dia sendiri nrimo-nrimo wae dan dia memaklumi karena Marquez seorang juara dunia. Rekayasa karakter mesin dan sasis digiring pada gaya Marquez yang agresif, sedangkan Pedrosa seorang pembalap yang ‘gemulai’ dan punya kelebihan keluar tikungan yang tertib tapi jitu.  

Tapi akibatnya, RC213V 2016 sama sekali nggak kepegang olehnya.  Makanya disebut oleh Pedrosa sendiri, tahun ini paling parah dalam karirnya.   “Belum pernah seruwet ini dalam karir saya. Separah-parahnya sebelumnya bisa melakukan perlawanan, tapi sekarang lihat saja di sirkuit,” tambah Pedrosa yang nggak menyalahkan siapa-siapa, lantaran dirinya sudah mengaku fleksibel.

Disebut fleksibel menerima keadaan motor apa adanya dan hanya berjuang menyetel sembari berlomba. Memang dia hanya terpaut 17 angka dari posisi klasemen ke-3 yang diduduki Valentino Rossi. Tapi dia minta melihat setiap balapan, motornya sama sekali tak ada peluang untuk juara. Maksudnya, bisa selisih 17 angka lantaran sialnya Rossi. 

Begitu uneg-uneg Pedrosa jelang ronde ke-9 di sirkuit Sachsenring, Jerman pada 10 Juli 2016. Masalah yang sama masih akan menggerogoti dirinya. Tentu dari soal motor RC213V yang sulit diajak pada racing line yang pas keluar dari tikungan. Jalur yang semestinya jadi keunggulannya membalap.

Tapi ingat sirkuit di Jerman ini sepanjang karir Pedrosa dia selalu naik podium, juara 2011 dan 2012, lalu dua tahun belakangan kedua di belakang Marquez. Karena Sahcsenring adalah sirkuit milik Honda dengan karakternya banyak akeslerasi. Apalagi berlawan arah jarum jam yang banyak menikung kiri  yang jadi andalan Pedrosa. Kalau nggak berkutik lagi di Sachsenring, benar kata dia soal motornya, paling parah. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Rossi Masih Sibuk Melatih Pembalap Indonesia

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Istri Beri Restu, Stoner Belum Minat Balapan Lagi

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang : Maquez Putuskan Terus Pakai Sasis 2014 Sampai Akhir Seri, Ini Negatifnya Sasis Baru

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Line Up Joki 2017, 6 Ducati Plus 2 Honda dan 1 Yamaha Belum Jelas

Melongok Isi Markas Tim MotoGP Yamaha, Ini Cerita Galang dan Imanuel

BAGIKAN