nhk

MotoGP Sachsenring 2016 : Kemenangan Marquez Dicurigai Ilegal, Ini Keputusan IRTA

ManiakMotor – Ada yang mencurigai bahwa keberhasilan Marc Marquez memenangkan “GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland” sebagai seri 9 di Sachsenring, Minggu (17/7) sedikit berbau kecurangan, terutama ketika melakukan penggantian motor. Juga telemetri pada Honda RC213V yang dinilai tidak legal karena pembalap Spanyol itu melesat sangat cepat.

Wajar bila MM bisa sangat cepat dibandingkan pembalap lain. Karena, kedua rodanya memakai ban slick, sedang yang lain masih kombinasi intermediate depan dan slick belakang. Dengan komposisi slick pada kedua roda Honda RC213V, manajer teknik Lorenzo pun mengakui bahwa gaya balapnya yang agresif sangat pas dengan ban seperti itu. Apalagi sebagioan besar racing line sudah kering.

Untuk telemetri, menurut Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dianggap sah. Usai balapan, Danny Aldridge, selaku direktur teknis IRTA menyambangi garasi HRC dan meminta telemetri di motor Marquez. Tujuannya, untuk memastikan kalau gerakan yang dilakukan Marquez dan tim sesuai dengan regulasi.

Tapi, beberapa kalangan melihat kecurigaan ketika Marquez ganti motor. Jordi Castella – kru yang bertanggung jawab memegang motor pengganti – tampak memegang handle kopling. Berarti, motor sudah siap dengan gigi persneling satu. Ini tampak dalam tayangan video. 

Dalam peraturan, memegang kopling tidak dibolehkan, hanya apa melanggar aturan dari GP Jerman karena alasan keamanan dengan masuknya gigi. IRTA pun coba mengamati beberapa video yang beredar di media sosial. Hasilnya, organisasi  pembalap itu melihat tidak yang melanggar aturan. Yang memasukkan gigi persneling satu adalah Marquez dan persoalan itu ditutup. Rezki 

 

BACA JUGA 

MotoGP Sachsenring 2016 Pasca Race: Sempat Out, Marquez Mudah Ambil Risiko Ganti Ban 

MotoGP Jerman 2016 Race Basah-Kering: Marquez Juara, Rossi Bikin Kesal Timnya Soal

Ganti Ban 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Marquez Tetap Menghitung Pedrosa Dan Rossi 

MotoGP Jerman 2016 Jelang: Sebelum Marquez, Pedrosa Jago Kidal Sachsenring

BAGIKAN