nhk

MotoGP Sachsenring 2017: Sirkuitnya Marquez, Rossi Punya Apa?

 

ManiakMotor – Sirkuit Sachsenring di Jerman menjadi arena laga ronde 9 MotoGP 2017. Lintasan ini dikenal sempit dan pendek, hanya 3.7 km yang ada 13 tikungan. Maka disebut trek stop and go yang anticlokwise alias berlawanan arah jam, 10 tikungannya ke kiri. Sirkuit yang menguras fisik untuk memainkan body work joki dan motornya. Sirkuit agresif pada kecepatan rendah ala MotoGP.

Dari penampilan enam tahun terakhir miliknya Honda. Lebih khusus lagi, sejak Marc Marquez pindah ke MotoGP dialah pemenangnya, sebelumnya banyak didominasi Dani Pedrosa. “Jujur saja, di sini, di Jerman ini, kesempatan membalikan keadaan termasuk hitung-hitungan point di klasemen,” sebut Marquez usai kerja kerasnya di Assen yang podium ketiga dan dimenangi Valentino Rossi.

Lalu Rossi mau apa dengan model sirkuit model begitu? Disebut si Rossi karena dia masih bintang arena. Pertanyaan yang sama boleh juga ditujukam pada yang lain. Spesial Rossi dia punya orang mental lagi terbangun dari juara Assen. Bisa jadi itu motivasinya berlaga di Assen yang akan menantang stamina umurnya.

Maksudnya dia melawan dirinya sendiri. Tercatat terakhir Rossi menang di Sachsenring pada 2009, ya sudah lama. Di data juga saat masih muda, hanya menang 3 kali di situ. “Momentum kemenangan dari Assen.  Tapi aslinya saya belum tahu strateginya di Sachsenring. Lagian, kesempatan selalu ada, melihat dari 8 ronde lalu dari sirkuit ke sirkuit, semuanya mudah berubah dan semua punya kesempatan yang sama,” kata  Rossi lewat analisanya.

Berarti itu yang dimiliki Rossi, yakni momentum perjalanan seri MotoGP 2017 ini, yang ‘agak aneh’. Tak ada yang bisa menguasai sendiri, kendati sebelumnya dicap sirkuit si itu dan si ini. Sama juga datang ke Assen yang dicap sirkuit Marquez. Bila gripnya banyak pada aspal baru Sachsenring, tentu saja M1 Rossi punya kesempatan. Dan ingat, Rossi punya sasis baru, hehe. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN