nhk

MotoGP Sachsenring 2019: Ducati Lambat Di Tikungan, Itu Soal DNA Bukan Gaya Balap

ManiakMotor – Di sirkuit Sachsenring, Jerman nggak ada yang ngebut lurus ke depan. Yang ada pembalap harus merawat kecepatan motornya saat miring terus-menerus pada 13 tikungan. Di saat sama penbalap dipaksa harus mengontrol slide yang kerap muncul. Dan model begitu bukan untuk tipe Ducati.

Yang cerita alenea di atas adalah Andrea Dovizioso, pembalap Ducati Team. Dia bicara usai balapan di situ pada 7 Juli 2019 lalu. Katanya DNA Ducati bukan diciptakan untuk sirkuit seperti Sachsenring. “Jadi nggak ada hubungan dengan gaya mengendara pembalap. Ducati memang sangat lambat dalam posisi miring terus-menerus. Ini harus jadi perhatian Ducati ke depan. Sebab lawan makin kencang, bukan hanya Honda, sekarang ada Suzuki dan Yamaha,” kata Dovizioso mengingatkan Ducati jika ingin juara dunia.

Lantas, Dovizioso membandingkan dengan Honda RC213V digeber Marquez. Katanya,  motornya atau Honda punya peralihan bobot yang ditopang wilayah depan sangat baik. Itu menurut Dovi nggak ada pada Ducati. Di saat sama, Marquez mampu memfaatkan keunggualan tersebut dengan bakatnya yang tak dimiliki pembalap lain. Makanya Marquez sangat sempurna di Sachsenring.

Menurut Dovi, Ducati membutuhkan ramuan khusus untuk melawan di tikungan-tikungan. Katanya itu perilaku kemudi motor. “Tidak mudah diubah sekejap, butuh waktu. Dan kelemahan ini telah saya bicarakan dengan Ducati sejak enam tahun lalu. Saya dua tahun hanya ke-2 umumnya kekalahannya di area ini. Serkarang lawan semakin baik. Silakan lihat langsung di layar TV ketika kami melawan motor lain di tikungan, Ducati terlalu lambat,” tambah Dovi yang saat ini sudah beda 58 point dengan Marquez lantaran hanya ke-5 di Jerman.. 

Pendeknya, kalau Ducati ingin juara dunia, segera memperbaiki motornya di area menikung. Niscaya menurut Dovi akan tidak pilih-pilih sirkuit yang maunya trek lurus mulu. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

MotoGP 2019: Rossi Mengaku Tua, Tapi Setahun Kehilangan 20 Detik Di Sachsenring Keterlaluan

Pasca MotoGP Jerman 2019: Di Klasemen Marquez Unggul 58 Point, Samai Rekor Rossi

Race MotoGP Sachsenring 2019: Keluarga Marquez Berlibur Nyaman, Setelah Marc Juara

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353