nhk

MotoGP Sepang 2016 Jelang Race: Doviziso Lebih Senang Status Lomba Wet Race

Andrea Dovizioso Sepang 2016

ManiakMotor – Bukan keberuntungan, tapi kemujuran saat lintasan basah dari Andrea Dovizioso (Ducati Team). Dovi menjadi pole sitter saat race MotoGP di Sepang, Malaysia pada Minggu 30 Oktober 2016. Sepanjang sesi tak ada suaranya, saat lintasan basah Dovizioso malah yang tercepat di sesi penentuan cari grid.

Dovi tertolong aspal baru Sepang yang walau hujan katanya tetap punya cengkeraman. Tentu saja memiliki grip sesuai spesifikasi prifile ban basah.  “Setiap sesi punya tantangan tersendiri. Kebetulan saat kualifikasi tantangannya hujan. Untung aspal baru Sepang sangat baik, sehingga grip ban basah juga bagus,” sebut Dovi soal keberhasilannya bisa start dari grid 1 atau tiang pertama saat lomba.

Dovi punya strategi tersendiri pada pemilahan ban. Dia menggunakan ban kombinasi, depan soft tipe basah dan belakang keras yang basah juga. Itu katanya yang membuatnya lebih cepat lagi di akhir sesi. Walau  sebenarnya ingin terus-terusan menggunakan ban lembut depan dan belakang. Tipe itu juga membuatnya cepat di paruh pertama Q2.

Kata Dovi kebanyakan peserta ingin saat lomba berlangsung kering. Tapi alam saat ini sulit diprediksi seperti yang terjadi dalam dua hari di Sepang. “Kalau ditanya ke saya, inginnya basah. Sebab saat basah, saya sangat kompetitif,” tambah Dovi.

Soal langakah selanjutnya, Dovi masih menunggu sesi warm up. Itu sesi terakhir sebalum balapan untuk bisa mengatur strategi kembali. Maklum di saat kering, Ducati-nya Dovi ini kurang cemerlang. Saat FP1 kering dia hanya ke-15 dan FP3 yang kering juga dia hanya ke-8. Jadi lebih baik memang basah bagi Dovi yang siapa tahu mujur, lagi. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia Moto2, Moto3 28 – 30 Oktober 2016

BAGIKAN