nhk

MotoGP Sepang 2016 Jumpa Pers: Aspal Baru Mengubah Setingan, Kata Rossi Dan Marquez

MotoGP Malaysia 2016

ManiakMotor – Untung ada bahan yang boleh dibicarakan para pembalap MotoGP yang hadir di  jumpa pers wajib menghadapai GP Malaysia. Itu ketimbang bicara kejuaraan dunia yang sudah hambar lantaran telah dierebut Marc Marquez. Pada Kamis 27 Oktober 2016 itu mereka yang hadir di jumpa pers bicara cara berlaga dan setingannya motor di sirkuit Sepang yang aspalnya baru dan beberapa sudut ada perubahan.

Mereka yang hadir adalah Marquez (Repsol Honda Team), Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Cal Crutchlow (LCR Honda), Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar), dan dua joki Ducati Team Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. “Pengaspalan baru Sepang akan sanat berpengaruh, ditambah suhu  panas khas Sepang. Menarik cara membangun set-up sembari membandingkan dengan tes pramusim yang banyak dilakukan di Sepang. Paling menarik lagi soal grip ban. Semoga tidak melakukan kesalahan seperti di Australia,” jelas Marquez yang diberi kesempatan pertama bercerita.

Miriplah dengan Rossi yang berharap waktu sesi latihan bisa dimanfaatkan menyusun set-up motornya. Rossi juga cerita Philip Island, tapi bagi penggemar portal ini kiranya sudah tak perlu diungkit ulang, lantaran telah dijelaskan. Sekarang Sepang pakai aspal baru. Mudah-mudahan dengan waktu sesi latihan tersedia, segera dapat setup sesuai maunya aspal dan beberapa perbaikan tikungan. Kalau itu sudah selesai, tinggal coba ke podium,” sebut Rossi yang omongannya soal target podium sebelumnya dikritik Jeremy Burgess. Mantan kepala mekanik Rossi sendiri ini, bilang, harusnya Rossi bicara target juara, bukan hanya podium.

“Kami tahu dari balapan di WSBK bahwa cengkeraman (grip) aspal baru lebih baik. WSBK lebih cepat di Sepang dibanding tahun sebelumnya. Tapi ada yang aneh juga pada T15,” timpal Crutchlow.  “Saya juga senang kembali ke paddock setelah tiga balapan absen. Saat balap disambut apal baru Sepang,” kata Iannone yang diiyakan Dovizioso.

Nah Viñales keluar dari omongan soal aspal. Dia malah bicara soal motor yang tahun lalu dan yang sekarang. Tahun lalu katanya motornya kurang tenaga di Sepang. Tahun ini katanya akan bisa melawan. “Tahun selain powernya kurang, kami juga belum menggunakan seamless shift gearbox. Makanya target utamanya adalah bisa berada di grid yang lebih baik saat lomba. Kalau sulit ke baris pertama minimum di barisan kedua,” kata Vinales yang podium ketiga di Australia.

Nah gitu, aspal yang jadi topik. Ito