nhk

MotoGP Sepang 2016 Pasca Race: Rossi Nggak Berani Juara, Ban Depan Peyang

Valentino Rossi Sepang 2016 Pasca Race

ManiakMotor – Tahu sendiri kalau ban peyang, di roda depan pula. Gelindingan roda sudah pasti tak rata. Getarannya terasa sampai tangan pada setang. Sebenarnya sih yang bergetar, bukan setangnya, tapi rodanya karena nggak rata dari tekanan aspal sirkuit. Belum lagi cerita gripnya.

Itu yang diperkirakan dialami Valentino Rossi pada lomba MotoGP di sirkuit Sepang, Malaysia (30/10-2016). Disebut hanya kira-kira karena Rossi sendiri nggak sebut jelas. “Ada masalah dengan ban depan di sisi kanan. Saya nggak ingin celaka, makanya sulit menyamai kecepatan Andrea (Dovizioso). Gejala ini dimulai saat membuat kesalahan,” sebut Rossi yang hasilnya kedua mengakhir pengejaran Jorge Lerenzo, teman setimnya di Movistar Yamaha untuk posisi runner up di klasemen MotoGP tahun ini, karena JL sudah ketinggalan 28 angka.

Kalau ilmu kira-kiranya, ban Rossi yang tipe basah itu, kembangnya atau profile-nya ada yang copot atau lepas. Maklum ban basah yang dipakai sepanjang 20 lap di Sepang. Nggak tahan panas karena lintasan saat itu mulai kering. Boleh dipercaya dong, dari awalnya  kencang tiba-tiba turun 2 detik per lap. Saat di depan Dovi, si Rossi boleh berlari 2:12, usai bikin kesalahan tadi menjadi 2:14 sekian-sekian.

Tapi Rossi adalah The Doctor dalam keadaan hujan pun dia masih bisa melakukan beberapa aksi saling salip. Terutama dengan Andrea Iannone sebelum jatuh. “Kalau bukan masalah ban harusnya menang. Dan ini balapan yang bagus dalam kondisi wet race. Masih ada pertempuran keras seperti yang saya alami dengan Iannone. Setiap dilewati dia kembali berjuang,” sebut Rossi.

Sip Kang Rossi. Tapi ngomong-ngomong Yamaha belum pernah memang sejak seri Catalunya lalu. Itu sama dengan sudah 10 ronde lalu, ganti-ganti pabrikan lain yang berdiri di podium pertama. Sepang kemarin malah Ducati yang dapat. Macam mana nih Kang? Ito

BAGIKAN