nhk

MotoGP Silverstone 2016 Jelang: Banyak Pilihan Ban, Silakan Adu Strategi Kompon Di Inggris

ManiakMotor – Hujan atau tidak, hasil akhir ronde ke-12 MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris (4/9), pasti akan ditentukan oleh kinerja ban pasokan Michelin. Lha iyalah, kalo pilihan bannya payah atau pecah ya pasti DNF. Apalagi nggak pakai ban, hum melucu dia…

 

Betapa pentingnya pilihan ban di Silverstone, Michelin memboyong produknya dengan alokasi kompon yang lengkap. Silverstone walau nggak hujan, tetap butuh ban khusus. Trek ini dikenal sebagai salah trek tercepat di dunia, juga panjang dengan lingkaran 5,902 km. Ada 18 tikungan (10 kanan dan 8 kiri). Sudah gitu sirkuitnya mengalir alias tak tersendat-sendat walau pun dalam masuk tikungan. Pindah-pindahnya gigi motor berirama.

Hujan atau kering, daya tahan ban menjadi faktor utama. Seperti seri sebelumnya, kecerdikan dan berjudi memilih ban bisa jadi sama penting dan genting bersanding dengan teknologi yang diusung tim pabrikan. Karakter cuaca di Silverstone selama ini hanya ada dua, sebab nggak dihitung musim dingin karena MotoGP lagi istirohat. Kalau panas ya panas betul, kalau hujan ya bisa deras, gerimis doang, atau bisa campuran keduanya.

Michelin sudah sangat siap. Untuk kering, Michelin Power Slicks akan menyediakan tiga macam kompon, masing-masing soft (tanda bergaris putih), medium (tanpa garis warna), dan hard (garis kuning). Itu dikombinasi dengan 2 tipe ban belakang yang diproduksi asimetris khusus untuk trek Silverstone, bagian kanan lebih tebal dari sisi kiri. Keduanya berkompon lembut dan medium, sesuai dengan tingkat abrasi aspal di sana.

Macam mana kalau hujan lagi…hujan lagi? Ban-ban basah Michelin Power Rain pun sudah disiapkan. Masing-masing tipikal extra soft (garis biru muda), soft (garis biru), dan kompon medium buat roda depan.  Di belakang ada pilihan soft (biru) dan hard (tanpa garis warna) yang dua-duanya full wet tyre.

Untuk jaga-jaga jika cuaca berubah-ubah, Michelin Power Inter menyediakan ban intermediate yang bisa jadi faktor penting nantinya. “Kami sediakan alokasi ban yang bisa mengakomodir semua kemungkinan cuaca dan kondisi lintasan,” ujar bos Michelin Piero Taramasso lewat email ke ManiakMotor.com.

 

Nah, kalau sudah begitu maka salah sendiri jika nantinya ada lagi pembalap yang bilang salah pilih ban. Andro

BAGIKAN