nhk

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang FP3/FP4/Q2): Contek Jalur Vinales, Iannone Buka Peluang

ManiakMotor – Dengkul Andrea Dovisiozo yang belum pulih betul membuat Andrea satunya, Iannone, menjadi tumpuan Ducati melawan Yamaha dan Honda. Untuk sementara, Iannone sukses mengemban tugas dengan tercepat sementara dari dua sesi FP. Cepatnya termasuk telak dengan meninggalkan 0.300 detik urutan kedua.  

Sempat galau di FP1 akibat mesin yang brebet dan mungkin bahan bakarnya basi, hehe. Dia di FP1 hanya berakhir di urutan 7. Lantas, Iannone ubah taktikdi FP2 dengan jujur bilang  nyontek racing line milik Maverick Vinales (Suzuki) yang tercepat di FP1. Ia juga buka dan pelajari data milik Dovisiozo yang urutan 5 di FP1.

Iannone memang harus ‘belajar’ racing line, karena saat datang ke Silverstone dia mengaku aneh pada sirkuit. Katanya sirkuitnya sangat luas hanya cocok untuk F1 sehingga binun menempatkan motornya. “Saya kuntit Maverick sekian lama dan ikuti jalurnya. Akhirnya saya ubah sedikit racing line dan berhasil. Sangat senang menjadi tercepat di hari pertama,” ujar Iannone.

Modal Iannone memang sudah ada pada karakter Desmo GP yang sebenarnya doyan dikebut di Silverstone. Dia tinggal kembangkan set-up dirinya dengan membuat variasi jalur balanya dan motor  pada FP3 dan 4 pada Sabtu (3/9). Iannone juga mengaku akan utak-atik perangkat elektronik dalam berbagai varian untuk itu.

Termasuk persoalan krusial pada ban, seputar daya tahannya dalam durasi balap yang acap menerpa Iannone. Ia sering tercepat di single lap, tapi masuk lomba hanya bertahan belasan lap. “Semua pembalap pakai ban lembut di FP1. Saya gunakan ban itu dalam 10 menit terakhir, ternyata degradasinya besar. Pada sesi sore, ban keras punya grip bagus dan konsisten.”

Yakin persoalan ban bakal kembali jadi penentu saat raceday, Iannone bilang akan fokus pada area itu sepanjang sesi Sabtu.  Targetnya bukan tercepat di sesi Q2 semata, tapi yang lebih penting adalah mendapatkan manajemen ban yang bisa bertahan dari awal sampai akhir lomba. Jika tercapai berarti peluangnya membidik podium sangat terbuka. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

MotoGP 2016 Inggris (Jelang FP3/FP4/Q2): Marquez Akan Benahi Ban Belakang Di Tikungan Cepat

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Lorenzo Jaga Kecepatan Konstan, Demi Satu Ini

Motogp Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Rossi Acung Jempol Sasis Baru, Ragu Sama Lengan Ayun

MotoGP Silverstone 2016 FP2: Iannone Tercepat, Vinales, Cal Dan Ke-6 Rossi

BAGIKAN