nhk

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang Race): Dapat Hadiah Sasis Baru, Cal Tak Berani Prediksi Juara

ManiakMotor – Tentu ora wani kata orang Jawa alias tak berani  Cal Crutchlow mengklaim akan juara, bila kondisinya kering. Tunggangannya bukan spek juara dalam kondisi demikian. Tapi kalau hujan, RC213V kelas dua tersebut justru cocok tenaganya yang sedang-sedang saja itu. Boleh dibuktikan saat Q2 pada Sabtu 3 September 2016 di Silverstone yang basah sekali, Cal dengan enteng jadi pole. Bahkan meninggalkan yang kedua nyaris 1 detik. 

Atau saat tampil  sensasional di Brno yang hujan. Dia menjadi juara di Ceko setelah 35 tahun Inggris hanya jadi pelengkap di kelas primer. Di GP Inggris, Cal kembali  aduhai, meraih pole position dan pertama buat Inggris dalam 39 tahun terakhir  di lintasan basah. Itu bukti betapa kompetitifnya Cal di tengah hujan dengan RC213V spek tim satelit.

Jika balapan Silverstone juga hujan, tak berlebihan jika Cal salah satu pembalap unggulan. Sayangnya balapan diprediksi tanpa hujan oleh BMKG di sana. Tapi namanya ramalan cuaca, sekadar ramalam, dia bukan Tuhan. “Duo Ducati, Rossi, Marc dan Vinales bakal lebih cepat di trek kering, terlebih jika mereka bisa tingkatkan setingan menjelang balapan. Ducati unggul 0,03 detik setiap melintas dua trek lurus, itu berarti saya harus menang 0,06 detik di luar trek lurus,” tukas Cal yang dari omongannya saat kering, motornya nggak ada papa-nya. Papa-nya itu dibaca cepat, sehingga nggak ada apa-apanya kendengarannya.

Kondisi itu berat meski Cal mengaku dapat hadiah sasis baru dari HRC. Sasis itulah yang ia gunakan di sesi Q2 dan memberinya pole position. Secara keseluruhan ia menilai sasis anyar ini lebih bagus dari edisi sebelumnya meskipun masih ada sedikit kelemahan dalam proses mengantar power mesin ke roda belakang. “HRC dan Honda ingin saya menguji sasis baru dan saya lakukan. Tapi, belum ada keputusan apakah akan balapan dengan sasis itu atau tidak,” imbuhnya.

Ia juga tak tahu apakah sasis itu bagian dari rencana Honda untuk pengembangan sasis pabrikan untuk 2017 atau tidak. Apakah tahun depan ia kecipratan sasis yang sama dengan tim pabrikan atau tidak. Ia hanya disuruh ngetes dan begitulah nasib pembalap satelit. Sakses atau tidak pokoknya uji dulu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang Race): Start P5, Marquez Yakin Bisa Gulung Rossi

MotoGP 2016 Inggris (Jelang Race): Setelan Basah M1 Rossi Oke, Kering Belum Dapat

MotoGP Inggris 2016 Jelang Race: Dalam Selap Rossi Cs Hanya 11 Kali Ngerem, Silverstone 18 Tikungan

 

BAGIKAN