nhk

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang Race): Start P5, Marquez Yakin Bisa Gulung Rossi

ManiakMotor – Dua kali klontang di sesi latihan dan kualifikasi tak membuat ciut nyali Marc Marquez. Meski start dari posisi kelima di Silverstone pada Minggu (4/9) ini, doski yakin bisa juara karena lintasan diprediksi kering. Dia punya amunisi untuk itu yang di latihan bebas, RC213V-nya apik di sirkuit cepat. Faktanya di FP3 yang kering dan tak kalah adu cepat dari Q2 dia yang terdepan.

Toh MM mengaku dapat pelajaran dari kecelakaan di Q2. Itu terjadi karena tim teknis melakukan modifikasi sesaat jelang turun gelanggang dan ia menyetujui perubahan itu. Dan, ternyata itu yang jadi penyebab motor kelebihan power saat menikung di lintasan basah. Kalau sudah lebih, ban belakang akan spin.

Ia tak jelaskan apa yang dimodifikasi dan pengaruhnya terhadap lintasan. Tapi, melihat proses jatuhnya RC213V, seperti itu tadi, akselerasinya dibikin lebih besar dari setelan elektronik. Timnya salah antisipasi genangan air di lintasan tidak seperti yang mereka perkirakan sebelumnya. “Setelah beberapa lap saya sadar perubahan itu salah, tapi waktu kualifikasi yang hanya 15 menit membuat saya harus bertahan. Coba lebih baik lagi dan akhirnya crash,” katanya.

Orang Spanyol ini yakin bisa melejit dari row kedua starting grid untuk bertarung di baris depan. Bahkan ia optimistis bisa juara, tak lain karena diperkirakan tak bakal hujan saat balapan. Kalau kering dia sudah siap sekali.

Seperti yang lain, MM belum tentukan kompon ban yang akan dipakai tarung 20 laps. “Tinggal itu saja masalahnya jika balapan kering. Tapi, kepercayaan diri tinggi karena kami sudah punya basis setelan yang bekerja baik di FP3. Target saya podium, tapi jika bisa menang, ya mengapa tidak?” tandas pembalap yang sedang memimpin point tersebut.

Tekad MM menarik dalam kaitannya dengan Valentino Rossi, pesaing terdekatnya di klasemen dengan jarak 53 poin. Ia harus bisa menggulung Rossi yang akan start dari P2 karena sedari awal MM ingin perlebar jarak poin dengan The Doctor. Itu target. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Inggris (Jelang Race): Setelan Basah M1 Rossi Oke, Kering Belum Dapat

MotoGP Inggris 2016 Jelang Race: Dalam Selap Rossi Cs Hanya 11 Kali Ngerem, Silverstone 18 Tikungan

MotoGP Silverstone 2016 Q2: Kualifikasi Basah, Cal Tercepat, Rossi Kedua, Marquez Jatuh

 

BAGIKAN