nhk

MotoGP Silverstone 2016: Lorenzo, Tolak Sasis Baru Semata Gaya Telah Menyatu

ManiakMotor – Berita ini sudah beberapa hari lalu muncul. Menarik diulik lagi soal penolakan Jorge Lorenzo terhadap sasis baru Yamaha M1. Atau memang tak diberi sasis anyar itu oleh Yamaha mengingat dia akan ke Ducati tahun depan. Kejadiannya saat test di Brno, Ceko, usai ronde 11 kemarin.

Penolakan Lorenzo pada sasis masuk akal saja. Pakai sasis lama, M1-nya luwes diajak sesui gayanya. Dia cepat kok, terutama dengan jurus halus pada mesin dan berlari pada racing line yang bundar-bundar. Rolling speed-nya mantap. Persoalannya hanya mental Lorenzo saat sirkuit berubah. Ya berubah dari kering jadi basah, feelingnya benar-benar annncur macam di Assen, Sachsenring atau kemarin di Brno kala hujan. Kiranya, itu bukan ukuran sasis.

Jadi, dia punya alasan untuk tidak mengganti sasisnya di sisa musim ini. Lha wong sudah klop. Dia tidak mau tergoda sasis baru. “Saya kurang suka dengan spek sebelumnya pada sasis. Secara teori bisa saja langkah sasis baru di test Brno ini lebih buruk (bagi saya) dan siapa yang tahu? Amannya tak perlu mencoba,” tegas Lorenzo yang bilang setiap pembalap punya kesukaan tersendiri pada karakter sasis.

Kalau pun sasis baru itu oke, butuh penyesuaian kembali? Bisa saja mantap di test Brno belum tentu sesuai dengan Silverstone yang dipakai ronde 12, minggu ini. Karena test dan lomba beda tekanannya, kelemahan sedidikit pun di lomba akan mudah muncul, apalagi kalau kalah, semua salah, hehe. 

Isu test di Brno, Lorenzo memang sengaja tak disodorkan sasis oleh Yamaha, macam yang dicoba rekan setimnya Velentino Rossi. Kata isunya lagi, karena Lorenzo tahun depan sudah di Ducati. Shingga tak perlu mengetahui pengembangan Yamaha saat ini. “Bukan itu persoalannya, tapi saya tak perlu ganti sasis, karena sasis lama sudah sesuai dan cukup buat gaya saya,” jelas Lorenzo di crash. 

 Itu tadi, sasis yang digunakan Lorenzo saat ini sampai lomba di Brno, baginya sudah sangat pas. Itu sasis bisa membawa mesin dan dirinya sampai limit seperti di FP3 pecahin rekor Brno. Itu sasis menjejak lintasan dengan tenang. Termasuk saat test di Brno dengan sasis lama dia yang tercepat. Geetu bro. Ito

BACA JUGA

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Susunan Pemain MotoGP 2017, Ancaman Vinales

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Gigi Harap 1 Lagi Buat Ducati, Kalau Perlu Di Silverstone

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Lelang Akrapovic Bertanda Tangan Rossi

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Biarkan Honda Wheelie, Daripada …..

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Lorenzo Mulai Paham Karakter Ban Basah Michelin, Siap Libas Rossi

 

BAGIKAN