nhk

MotoGP Silverstone 2016 Race: Hebat, Vinales Juara Dengan Suzuki, Cal ke-2 Dan Rossi Ke-3

 

 

ManiakMotor – Race-nya kering. Tadi memang sempat basah, namun tidak terlalu basah makanya berangsur kering. Berarti tidak ada alasan alias balapan normal di ronde 12 GP Inggris di sirkuit Silverstone pada Ahad 4 September 2016. Berarti pula mengunggulkan mereka yang sudah unggulan di sesi-sesi yang lalu. Macam Marc Marquez, Valentino Rossi, atau Maveric Vinales dengan Suzuki-nya tampil apik di sesi-sesi kering kemarin. Motor Vinales pun unggul di kondisi dingin Silverstone seperti yang ia perlihatkan babak latihan.

Seperti kata para pembalap kemarin dengan kondisi yang dingin, pemilihan ban rada sulit. Eiit… saat distart baru di tikungan kedua terjadi insiden antara Loriz Baz dan Pol Espargaro. Baz harus diangkat ke rumah sakit, tapi kelihtannya dia baik-baik saja. Karena itu muncul red flag atau bendera merah.

Barisan depan termasuk Vinales dan Valentino Rossi memasang ban depan hard dan belakang medium. Kecuali Marquez yang pakai depan soft. Waw… apa yang terjadi dengan Vinales? Nggak tahu! Dia belum cerita. Yang jelas dianya dan Suzukinya kencang tuh. Motor Vinales juga termasuk ‘diam’ nurut pada racing line. Ya tinggal lihat apakan berlanjut sampai finish. Kalau itu terjadi berarti, Suzuki bisa melakukan setelah kemenangan Randy Mamola dengan Suzuki di Silverstone 1983. 

Dilihat dari kecepatan rata-rata Vinales yang konsisten dan bahkan lebih cepat dari lawannya, harusnya dia juara. Artinya juga motornya memang banter. Ada 10 laps to go dia sudah meninggalkan Rossi yang kedua sekitar 3.7 detik. Perkembangan yang luar biasa buat Suzuki. Sayang ya, Vinales malah tergoda ke Yamaha tahun depan. Coba kalau bertahan, lain ceritanya. Karena secara power dan handling Suzuki mulai bisa diandalkan seperti di Silverstone ini.

Sementara Rossi dengan segala tekniknya berusaha mempertahankan posisi kedua. Rossi sudah menggunakan racing line yang sangat tipis-tipis sampai ke sisi yang bisa ia digunakan. Perebutan posisi kedua ini memang seru. Boleh dikata macam lomba Moto3 saling salib, namun terukur. Maklumlah para seeded yang mengendalikan motor, bukan motor yang menarik-narik mereka. Yaaaah kecuali Andrea Iannone yang out. Pertarungan Marquez dan Rossi juga panas dan memang panas kaleee.

Itu semakin menguntungkan Vinales yang di depan, karena jalur Marc dan Rossi kian ngaco terdorong ’emosi’???? Vinales semakin bersih cara balapnya. Bahkan menguntungkan Cal Crutchlow yang pakai Honda satelit tapi bisa melawan. Bisa dilihat pada perlawannya pada Marquez yang bisa bikin Marquez salah sendiri.

Akhirnya selamat buat Vinales yang membawa Suzuki ke podium pertama dalam dua tahun ini mengaspal di MotoGP setelah lima tahun hilang. Eh selamet juga buat Cal yang kedua di depan publiknya. Dan sekali lagi, Rossi yang ketiga bisa pangkas point klasemen dari Marquez, tapi tipis, lantaran Marquez bisa keempat. Tepatnya hanya memangkas 3 angka dan sekarang Marquez unggul 50 point.

Hebat juga, justru paruh dua ini sudah tiga juara mereka yang tidak direken. Dimulai dari GP Austria oleh Iannone, GP Ceko oleh Cructhlow dan barusan di GP Inggris si Vinales. Ito

Ito             

BACA JUGA   

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

MotoGP Silverstone 2016 Jelang Race: Lorenzo Merasa Sudah Siap Main Basah, Walau Grid-nya 9

MotoGP Inggris 2016 Warm Up/Jelang Race : Balapan Diundur Hindari F1, Hernandez Tercepat

MotoGP Silverstone 2016 (Jelang Race): Dapat Hadiah Sasis Baru, Cal Tak Berani Prediksi Juara

 

MotoGP Race

FINISHED
POS # RIDER GAP
1
25
M. VIÑALES
39:03.559
2
35
C. CRUTCHLOW
+3.480
3
46
V. ROSSI
+4.063
4
93
M. MARQUEZ
+5.992
5
26
D. PEDROSA
+6.381
6
4
A. DOVIZIOSO
+12.303
7
41
A. ESPARGARO
+16.672
8
99
J. LORENZO
+19.432
9
9
D. PETRUCCI
+25.618
10
19
A. BAUTISTA
+32.084
BAGIKAN