nhk

MotoGP: Sirkuit dan Tikungan Paling Parah Musim 2013

 

ManiakMotor – Sirkuit Assen, Belanda, yang bikin patah tulang selangka Jorge Lorenzo ternyata tak jadi sirkuit paling ‘kejam’ musim 2013. Trek LeMans, Prancis, lebih parah coy, asli! Tikungan paling maut – kalau perlu ada gambar tengkorak- pun bukan Corkscrew di Amrik sono, tapi R10 di Barcelona. 

GP Prancis di LeMans pada 17-19 Mei berlangsung dalam kondisi cuaca kacau, antara kering dan basah. Saat raceday berlangsung sepenuhnya basah sehingga hasil akhirnya pun ikut kacau-balau. Jagoan macam Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi masing-masing hanya finish ke-7 dan 12. Jadilah Cal Crutchlow yang jadi pahlawan Yamaha di event itu lantaran manggung sebagai runner-up mendampingi Dani Pedrosa sebagai juara, sekaligus menggusur  Marc Marquez ke urutan tiga. 

Dan, asal tahu saja bos, balapan hujan itu juga menjadi seri yang menghamparkan paling banyak kecelakaan musim ini. Sejak sesi Free Practice hingga raceday, tercatat 68 kecelakaan di semua kelas. Dalam sehari rata-rata 22 motor yang kelontang. Hmm, kalah tuh yang namanya Metro Mini dan Kopaja! 

Trek paling sangar berikutnya adalah Misano San Marino (66 kasus) dan Sachsenring Jerman (61). Laguna Seca di AS yang karakternya terbilang sulit dan berbahaya, ternyata hanya menghadirkan 11 kecelakaan. Bisa dimaklumi, karena tahu sulit dan riskan maka semua rider pun ekstra waspada di sana. 

Soal tikungan, yang tergolong paling maut musim ini adalah R10 di Catalunya, Barcelona, yang dikenal dengan nama La Caixa. Tercatat 18 kasus kecelakaan di situ. Tikungan ini jadi favorit penonton karena salah satu area yang memungkinkan saling sodok antara pembalap. Makanya pada lap pertama saja sudah tiga rider kelontang di sana saat raceday MotoGP. 

Di situ pula Valentino Rossi nyaris kelontang lagi dihajar Alvaro Bautista padahal kasus tubrukan mereka dua minggu sebelumnya di Mugello masih panas. Untung saja saat itu The Doctor mampu ngeles. Tikungan maut berikutnya adalah R7 Musee di LeMans yang juga hadirkan 18 insiden. Berikutnya adalah RT1 dan R3 Sirkuit Sachsenring yang masing-masingnya ‘memproduksi’ 14 kecelakaan saat GP Jjerman 2013. 

Nah, jelang musim 2014, bagian-bagian di atas harus dicatat dan diingat baik-baik ya. Terutama bagi kawan-kawan yang baru naik kelas macam Pol Espargaro dan Scott Redding yang sudah promosi ke MotoGP. Ingat lho! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Spanyol Makin Banyak Dan Kuat, Rossi Jangan Mau Jadi Penonton

MotoGP 2014: Di Ducati, Dovi dan Gigi Berjodoh, Sama-Sama Makan Spaghetti

Valentino Rossi Runner-up Reli Monza, Tetap Semangat MotoGP 2014

MotoGP 2014: Lampu Kuning Buat Yamaha dan Lorenzo

 

 

 

 

BAGIKAN