nhk

MotoGP Spanyol 2013 (Jelang Race): Berat Nian Beban Rossi, Mulai Cemas Masuk Balapan Jerez

ManiakMotor – Situasi memang berubah dengan cepat. Dalam sejarah Cricuito de Jerez, Valentino Rossi adalah raja dengan jumlah kemenangan terbanyak. Ia juga jumawa saat tes pra musim.

Tapi, fakta terkini, Rossi harus hadapi kenyataan dalam dua hari pertarungan sampai jatuh-jatuhan di lintasan Jerez. Sejak sesi FP1 sampai QTT tak sekalipun The Doktor bikin kecepatan tokcer. Ia selalu keteter sampai qualifying 2 yang berlangsung Sabtu 4 Mei 2013 di sirkuit Jerez, Spanyol yang meluncur ke gravel. Entalah soal refleks berkurang atau apa pun namanya.

Maka, The Doctor pun mulai cemas memasuki balapan Minggu (5/5) yang akan berlangsung 27 laps. Bukan karena faktor umur yang sudah 34, tapi meragukan apakah settingan terakhir jelang balapan bisa membantunya mengejar para pesaing bernama Jorge Lorenzo, Dani, Pedrosa, Marc Marquez, dan bahkan Cal Crutchlow yang bawa M1 kelas dua.

Terbukti di semua sesi, pace M1 Rossi memang kalah ampuh dari empat nama di atas. Best time Rossi hanyalah 1:39,105 dan itu pun sudah lewat perjuangan maksimal. Sementara empat lawannya sudah enak-enakan main di kisaran waktu 1:38 detikan. “Saya jatuh di tikungan cepat, saya terlalu cepat membuka gas. Motor hancur, tapi saya baik-baik saja,” kabar Rossi dari Jerez.

Rossi memang mengeluhkan distribusi bobot yang masih bermasalah. Ia belum menemukan set up yang bisa bikin motor stabil dan seimbang. “Roda belakang pun masih suka sliding saat berakselerasi. Slide-nya masih kebanyakan,” keluh Rossi sejak usai FP1 memang terkendala dengan pilihan ban.

“Saat tes lalu, Yamaha mungkin petik keuntungan karena cuaca saat itu lebih teduh dan dingin. Dengan suhu yang sekrang ini lebih panas, kami belum temukan set-up yang lebih mantap. Untuk balapannya, saya kira Jorge dan Dani lebih berpeluang menang. Tetapi saya masih ada di lima besar,” papar The Doctor yang akan start dari urutan 5 atau start terbaiknya dalam tiga laga MotoGP tahun ini.

Tapi, catat Masbro, itu baru katanya…katanya…katanya! Kan sampeyan tahu, buat The Doctor yang namanya starting grid bukan patokan jadi pemenang. Ia justru ahli di saat balapan. Ahli bikin strategi, ahli meneror lawan, dan ahli berkelit dengan catatan dapat set-up mumpuni saat balapan. Di GP Qatar, misalnya, start dari urutan 7 tapi faktanya ia bisa finish kedua. Di Austin pun begitu, start dari 8, finish ke-6. Logika ecek-eceknya, kalau di GP Spanyol start kelima, masa iya sih ndak dapat finish podium?

Jadi, karena masih katanya…katanya…jangan dulu percaya 100% pada keluhan Rossi. Masih ada sesi warm-up yang bisa dipakai untuk meracik setingan baru. Lagipula, siapa tahu besok cuacanya tak sepanas hari ini. Iya kan, Ros!? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 – 5 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez Jelang Race: Dari Stastik Anak Spanyol Juaranya..?

MotoGP 2013 Jerez (Q2): Lorenzo Pole Dengan Mantap, Coy

MotoGP 2013 Jerez (Q2); Tiga Spanyol Mengalirkan Motor Di Sirkuit Mengalir, Rossi Nyinyir

MotoGP 2013 Jerez FP3; Crutchlow+Pedrosa Cetak 1;38, Rossi Menyusul 0.138 Detik

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353