nhk

MotoGP Tes Pramusim Valencia 2016: Seru, Suzuki Pepet Honda

 

ManiakMotor – Marc Marquez masih tercepat di hari kedua atau terakhir tes pramusim 2016 di Valencia. Itu tak mengherankan. Yang bikin kejutan adalah Suzuki.

Lawan MM kali ini  bukan anak-anak Yamaha atau Ducati, tapi pabrikan Suzuki bernama Maverick Vinales. Rookie of the Year MotoGP 2015 itu memepet MM dengan selisih waktu 0,103. Jelas bukan kebetulan tapi semata karena perkembangan Suzuki yang signifikan karena rider satunya, Aleix Espargaro, juga masuk 4 Besar dan hanya kalah 0,032 detik dari Dani Pedrosa di urutan 3.

Joki Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, ada di urutan 5 dan 7, diselak oleh Cal Crutchlow (LCRHonda).

Mantapnya dua unit GSX-RR di Valencia ini menjadi salah satu indikator regulasi baru pada persaingan 2016. Regulasi tersebut menyangkut ban Michelin dan ECU seragam di semua tim. Terlebih lagi karena Suzuki dalam tes ini hanyalah fokus pada penggunaan ban baru Michelin. Mereka belum mainkan ECU spek 2016,namun pada dasarnya sudah pakai ECU itu sepanjang 2015 dengan status tim Factory2 seperti halnya Ducati dan Aprilia.

Makin istimewa karena baru kali inilah Vinales melaju dengan karet bundar Michelin. Kalau Aleix sudah pernah dalam tes terdahulu. “Fokus kami memang hanya penyesuain untuk ban. Sejauh ini semuanya positif dan saya merasa nyaman di atas motor. Sangat efektif saat pengereman, juga saat masuk tikungan,” ucap Vinales, mantan joki Moto2 yang diprediksi bakal heboh bersaing dengan Marquez jika punya motor setara.

Sebaliknya dengan Aleix. Ia merasa harus mengubah riding style-nya agar lebih klop dengan karakter ban Michelin, terutama roda depan. Meski bisa imbangi Honda di papan atas, ia merasa masih perlu utak-atik lagi beberapa area teknis. “Sepanjang karir, ini kali pertama saya kecelakaan dua kali pada hari yang sama. Itu akibat buruknya setelan roda depan,” ucap Aleix yang yakin pacuannya punya ruang untuk pengembangan lebh lanjut.

Suzuki yang juga tengah mengembangkan  peranti Seamless Shift Gearbox (SSG) baru akan menguji ECU spek 2016 dalam tes privat di Sepang, Malaysia, 23-24 November. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pramusim MotoGP 2016 Valencia, Spanyol, 10 – 11 November 2015

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Waspadai Suzuki, Sementara Pedrosa Tercepat

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Marquez Julurkan Tangan, Siap Damai Dengan Rossi

MotoGP Test Pramusim 2016 Valencia: Rossi dan Marquez Kritik ECU Baru, Lorenzo Manggut Wae, Bagus Buat Penonton

BAGIKAN