nhk

MotoGP Test Jerez Jelang 2016: Marquez-Pedrosa Fokus Kinerja Mesin RC213V 2015 Dengan Elektronik

 

ManiakMotor – Mesin baru dibawa Honda Repsol Team pada test pribadi alias privat pada 25 – 26 November di Jerez, Spanyol. Sudah jelas, itu mesin dirancang sesuai aturan ban Michelin dan terutama elektronik Magneti Marelli 2016. Eelektronik seragam. Testernya langsung Marc Marquez dan Dani Pedrosa, duet maut Honda.

Hasil hari pertama kedua joki itu menghabiskan 50 lap. Waktu tercepat Marquez adalah 1 menit  39.92 detik. Sedang Pedrosa 1 menit 40.12 detik. “Saya masih kesulitan dengan ban depan. Batas maksimumnya belum ketemu terutama di tikungan cepat,” jelas Marquez yang akhirnya bicara dari aksi tutup mulut, tapi bicara seputar motor, sudah nggak ngungkit-ungkit kasusnya bersama Valentino Rossi.

Maksud belum dapat batas maksimum, Marguez belum bisa menentukan konsistensi kemampuan ban  Michelin saat menerima pengereman keras. Daya ban menahan motor saat berakselerasi dan menahan inersia kemiringan motor sembari melaju di tikuangan cepat. “Kalau untuk pengereman Michelin sudah cukup. Tapi daya tahannya juga cepat habis setelah simulasi balapan,” tambah Marquez yang tidak bicara test ini dalam rangka menghadang Rossi, hehe, nyasar tulisannya.

Sedang elektronik menurut Marquez masih jauh dari kebutuhan. Ya iyalah, makanya diseragamkan kan. Kata Marquez sejak awal latihan dia masih memakai elektronik 2015. Itu sebagai perbandingan atau referensi dengan Magneti Marelli yang jadi syarat pada semua peserta 2016. Marquez masih memahami kontrol traksi dan pengereman yang jauh berbeda dengan milik Honda sebelumnya. “Cara membuka throttle juga jadi berbeda. Jadi masih butuh galian panjang pada elektronik ini untuk cara bawanya,” kata Marquez.

Beda lagi dengan Pedrosa yang memang mengaku agak lambat dan harus memutar memorinya pada Jerez. Maklum, saat ronde 4 MotoGP 2015 di  Jerez dia nggak ikut, sedang cidera arm pum. “Belum lagi semua baru. Mesin baru, ban baru dan elektronik baru. Untuk saat ini saya masih memami mesin bekerjasama dengan elektronik. Sedang ban masih ada getaran pada motor ketika pengereman,” pungkas Pedrosa.        

Sekadar diketahui, catatan Marquez dan Pedrosa tadi dianggap tidak resmi, karena tidak menggunakan transponder panitia MotoGP. Pasti lebih ‘pelan’ dibanding best time Jerez atas nama Jorge Lorenzo dengan M1 yang berlari 1 menit 37.910 detik. Kan pakai aturan baru. Sementara, selain dua pembalap Honda itu, muncul juga Michele Pirro mewakili Ducati Team pakai Desmosedici GP16 yanng mencetak 1 menit 40.2 detik. Ada pula  Yonny Hernandez dari COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) dengan time 1 menit 41.2 detik. Dan terakhir Eugene Laverty dari IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) yang mencetak 1 menit  41.8 detik. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Aksi Tutup Mulut Marquez, Jangan Sampai ‘Keceplosan’..!

MotoGP Test Pramusim 2016 Sepang: Suzuki Bisa Galak, Sudah Paasang Seamless Shift Gearbox (SSG)

MotoGP Jelang 2016: Kata Doohan Kasus Marquez vs Rossi, Kompetisi Yang Fantastis, Bombastis

MotoGP: Stoner Pasti Ke Ducati 2016, Kembali Melipat-Lipat Desmosedici Dengan ‘Kasar’

MotoGP Jelang 2016: Ducati Segera Dapat Stoner, Honda Sudah Daaaa… Melepasnya

 

BAGIKAN