nhk

MotoGP Test Pramusim 2015: Khusus Suzuki vs Ducati/Aprilia 25 – 26 November 2014 Di Jerez

 

ManiakMotor – Mumpung belum terlarang, sejumlah tim bikin test khusus d Sirkuit Jerez, Spanyol, 26-28 November. Itu tes terakhir 2014 karena Desember sampai Januari 2015 sudah diharamkan.

Tes resmi pramusim berlangsung di Sirkut Sepang, Malaysia, 4 Februari, diikuti seluruh tim. Untuk bersiap ke Sepang itulah tim anyar macam Suzuki dan Aprilia merasa perlu menambah vitamin tersendiri.

Pembalap Suzuki Aleix Espargaro dan Maverick Vinales akan uji kembali Suzuki GSX-RR mereka setelah tes perdana di Valencia lalu. Kali ini mulai lebih fokus pada detil teknologinya untuk menaikkan power seperti keluhan Aleix di Valencia. Lagi pula, riding style dan tuntutan ergonomic sang joki sudah urusan kesekian setelah usai dari test perdana.

Tidak dijelaskan apakah mengganti kruk-as untuk menaikan torsi atau mengubah diameter silinder yang penting kan mesin sesuai aturan 1000 cc. Atau juga kompresi yang kurang padat, lantaran dome piston terlalu mendem dari bibir silinder, hehe. Emang kamu pikir korek mengorek pasar senggol, bro. Yah tetap itu dasar menaikan tenaga mesin tak peduli sekelas MotoGP.

Hal sama berlaku buat pasangan Alvaro Bautista dan Marco Melandri di atas Aprilia. Tim ini akan pakai tes Jerez  mencari perbandingan dengan Ducati sebagai sesama pabrkan Italia. Soalnya, saat sama Ducati juga mengirim Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone untuk merampungkan pengembangan Desmoedici GP14,2. Spek ini akan dipermak terakhir di Jerez dan selanjutnya menjadi Desmosedici GP15 ke tes resmi Sepang.

Dua tim Open Class papan atas juga ikut bergabung, yakni LCR Honda dan Forward Yamaha. Jack Miller akan membesut RCV213-RS untuk kali pertama. Dalam tes Valencia lalu, eks rider MotoGP itu masih membesut Honda RCV1000R. Tentu menarik sekali menunggu penampakan dan performa RC21V-RS yang katanya versi pabrikan yang dimodifikasi sesuai regulasi Open Class. Terlebih saat sama akan diadu dengan Yamaha M1 versi Open Class milik Stefan Bradl dan Loris Baz.

Meski cuma tes, gengsi kegiatan ini tak bisa dianggap ringan. Suhu persaingan sudah terbangun antara Aprilia dengan Ducati, LCR Honda dengan Forward Yamaha, dan di tengah mereka ada Suzuki yang semangatnya tengah membara. Jadi, layaklah tunggu perkembangannya! Andro

BACA JUGA

MotoGP: Dovi Habiskan 12 Mesin Ducati Musim 2014, M1 Masih Ada Sisa

MotoGP 2015: Lorenzo Tak Gentar, Merasa Sepadan Dengan Rossi Dan Marquez

MotoGP 2014: Marquez dan Pedrosa ke Jepang, Sekadar Pesta Bareng Pembalap Lokal

MotoGP 2015: Kata Mekanik Ohlins Datang Ke Sentul, Pedrosa dan Marquez Diperlakukan Sama

 

BAGIKAN