nhk

MotoGP Test Pramusim 2016 Sepang: Suzuki Bisa Galak, Sudah Paasang Seamless Shift Gearbox (SSG)

 

ManiakMotor – Girboks Suzuki GSX-RR sudah menggunakan perpindahan tanpa jeda sama sekali. Kalau diterjemahkan perubahan reduksi yang nyambung terus walau terjadi pindah-pindah gigi. Macam matik, cuma bedanya masih ada persneling dan kopling. Hasilnya adalah tenaga akselerasi yang halus dan mulus.  Tenaga mesin tidak terputus akibat dari perbedaan perbandingan dari gigi ke gigi. Kalau yang sering baca portal dikenal dengan seamless shift gearbox (SSG).

SSG itu salah satu yang diuji Suzuki dalam test pribadi pramusim 2016 di sirkuit Sepang, Malaysia pada 23 – 24 November 2015. Tidak dijelaskan apakah SSG ini sudah  tipe yang paling komplet atau belum. Maksudnya aktif turun-naik gigi. “Sangat positif dan punya potensi besar walau saya belum bisa memanfaatkan untuk mendorong lebih cepat. Butuh pemahaman lebih pada barang ini,” jelas Maverick Vinales yang juga sudah angkat jempol pada elektronik 2016 yang juga ditest bersamaan di Sepang.

Vinales memang belum bisa cerita banyak pada SSG, kecuali bilang positif. Selain mungkin belum paten lantaran barang baru diracik, juga Vinales butuh menyesuakan karakternya dengan SSG. Namanya juga barang baru. Disebut positif karena dia langsung merasakan saat mengubah (pindah) gigi, tenaga GSX-RR nyambung terus.  Selongsong gas juga sudah tak perlu ditutup untuk memasukan persneling. Itu elmu kira-kiranya dan memang begitu kinerjanya.

Selanjutnya itu barang akan dibawa ke Suzuki Racing Jepang dibikin mantap lagi agar aman dan nyaman sesuai masukan data test Sepang. Kan fungsi testing untuk menghimpun infromasi. “Dari semua item yang diuji berjalan sesuai harapan. Lebih membanggakan lagi, Maverick sudah merasakan hal positif pada SSG. Sayang Aleix (Espargaro) sedang cidera dan tak bisa bergabung dalam test ini,” jelas Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki MotoGP.     

Sayang juga, catatan waktu tidak ditampilkan sebagai ukuran penggunaan elektronik 2016, ban Michelin dan terutama SSG. Sekadar info, catatan terbaik Vinales di Sepang adalah 2:00.478. Kalau dilihat performa Suzuki tanpa SSG saat test di Valencia mampu kedua, bisa jadi di Sepang lebih galak. Tapi namanya test pribadi, semuanya rahasia. Nanti akan ketahuan saat testing resmi bersama di Sepang pada Februari 2016. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Kata Doohan Kasus Marquez vs Rossi, Kompetisi Yang Fantastis, Bombastis

MotoGP: Stoner Pasti Ke Ducati 2016, Kembali Melipat-Lipat Desmosedici Dengan ‘Kasar’

MotoGP Jelang 2016: Ducati Segera Dapat Stoner, Honda Sudah Daaaa… Melepasnya

MotoGP Jelang 2016: Urusan Pakai Nomor Start Rossi Paling Konsisten, Lorenzo Bingung..!

MotoGP 2016: Aturan Elektronik Baru, Unggulan Tetap Motor Rossi Cs 

BAGIKAN