nhk

MotoGP Test Pramusim 2016 Valencia: Rossi dan Marquez Kritik ECU Baru, Lorenzo Manggut Wae, Bagus Buat Penonton

 

ManiakMotor – Valentino Rossi merasa paket elektronik saat ini sebagai langkah mundur teknologi di MotoGP. Hal sama diakatan Marc Marquez. Tapi, paket itu justru baik buat penonton karena rivalitas di lintasan semakin imbang. Lihat saja hasil latihan hari pertama saat menggunakan ban Michelin dan ECU seragam, sudah langsung 9 pembalap dapat 1 menit 31 detik.  

ECU (Electronic Control Unit) yang dipakai saat ini memang bikin motor sangat mahal karena teknologinya super canggih. Hanya tim besar yang sanggup meriset ECU sendiri. Membuat persaingan tim tak mungkin merata dan tahun ini hanya ada empat motor yang benar-benar kencang dan konsisten. ECU ini membaca sensor pada komponen yang bergerak. Jangankan tuning mesin, inersia chassis bisa diolah dari data logger-nya. Tekniksi banyak terbantu, pembalap jadi nyaman karena semua bekerja akurat. Itu yang super canggih yang hanya dimiliki tim pabrikan Yamaha dan Honda sebelumnya.

Faktor kenyamanan itu yang paling dirasakan Rossi dan Marquez saat mencobanya kali pertama dalam tes Valencia 10 Nomvember kemarin dan berlanjut Rabu 11 November ini. “Seperti lompat ke masa silam, kembali ke teknologi musim 2008-2009. Motor sangat tak nyaman dikendarai,” ucap Rossi yang akui punya masalah besar untuk beradaptasi dengan teknologi  yang sebenarnya sudah digunakan di Open Class pada 2015 ini. Ducati Team salah satu yang menggunakannya.

Langkah ini untuk kompetisi lebih bersaing karena tim dan pembalapnya tak lagi terlalu banyak bergantung pada teknologi, tapi pada skill individu. Maka selain komentar Rossi ada juga Marquez soal ECU seragam Magneti Marelli itu. Ia akui spek motor lamanya jauh lebih nyaman, ya iyalah. “Semoga ini hanya masalah waktu. Butuh waktu lama untuk memahami kinerjanya, terutama yang berkaitan dengan torsi yang berhubungan dengan traction control,”  ucap MM yang lebih ribet mikir ECU-nya ketimbang ban spek baru bawaan Michelin.

MM juga melihat sisi baiknya, persis seperti yang selama ini didengungkan Dorna Sport bahwa ECU seragam digulirkan untuk membuat MotoGP lebih murah. Murah operasionalnya sehingga kekuatan tim bisa berimbang, dan karena itu rivalitas pembalap pun setara. Setidaknya begitulah kata-kata promosinya. “Motor semakin sulit dikendarai dan mustahil bisa konsisten dengan lap time yang sama. Hal ini akan bagus buat persaingan di lintasan. Itu tentu bagus buat fans,” kata MM.

Kembali ke Rossi yang malah belum melihat sisi baiknya dari paket elektronik spek 2016 itu. Beda dengan sejawatnya, Jorge Lorenzo, yang tak ingin menilainya sebelum benar-benar dipahaminya. Berarti Rossi lebih cepat paham duluan dong hehehe, canda bos! Seperti itulah peran Rossi di Yamaha. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pramusim MotoGP 2016 Valencia, Spanyol, 10 – 11 November 2015

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Marquez Julurkan Tangan, Siap Damai Dengan Rossi

 MotoGP 2015 Test Valencia: Kata Rossi Perubahan Besar M1 2016 Dengan Ban Baru Dan Elektronik

MotoGP 2015 Valencia (Test): Marquez Kembali Agresif, Jatuh Dengan RC213V 2016 Tapi Tercepat

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Pakai Michelin dan ECU Seragam, Babak Baru Pengembangan M1 Rossi – Lorenzo

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Lorenzo Kembali Sepelekan Rossi, Sudah Tamat..!

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Rossi Tak Tahu Kapan Bisa Memaafkan Marquez

 

 

BAGIKAN