MotoGP Valencia-1 2020: Deretan Derita Yamaha, Direktur Tim Meregalli Cs Dikarantina..!

Salah satu insiden merusak M1

ManiakMotor – Lengkap sudah sialnya Yamaha di sirkuit Valencia, Spanyol pekan ini. Baru dihukum menggunakan part ilegal, menyusul seorang teknisi dari Spanyol yang menangani M1 Valentino Rossi dan Maverick Viñales divonis positif Covi-19 dan akibatnya, direktur tim Masimo Meregalli dan empat anggota ainnya dikirim ke karantina pada Jumat 6 November 2020 di Valencia, Spanyol.

Itu sesuai laporan Yamaha Motor Co., Ltd. dan Team Monster Energy Yamaha MotoGP mengumumkan Jumat malam dengan menyesal bahwa lima anggota tim termasuk Direktur Tim Meregalli tak akan hadir di Gran Premio de Europa dan Gran Premio Comunitat Valenciana minggu depan.

Sesuai laporan, pasukan Yamaha Factory Racing MotoGP mengikuti protokol Covid-19 yang sangat ketat. Pada sore 6 November, insiyur Data Maverick Viñales dinyatakan positif Covid-19. Dia segera meninggalkan Sirkuit Ricardo Tormo dan mengisolasi diri sesuai kebutuhan.

Setelah analisa risiko yang cermat, empat anggota tim lainnya dikarantina sebagai kasus terduga hingga Senin, 16 November.

Tak satu pun dari lima anggota tim akan diganti untuk Gran Premio de Europa. Namun, mereka tetap akan berhubungan menggunakan sarana komunikasi modern untuk memberikan dukungan terbaik bagi tim.

Karena tim Monster Energy Yamaha MotoGP mengikuti tindakan pencegahan yang sangat ketat menangkal Covid-19, tidak ada anggota tim lain yang diklasifikasikan sebagai kasus yang dicurigai, hal ini juga berlaku untuk pembalap Maverick Viñales dan Valentino Rossi. Meski begitu, kewaspadaan anggota tim akan meningkat. Pada saat yang sama, tes PCR tambahan dimulai.

Terlepas dari semua ketidaknyamanan tersebut, tim mengaku tidak akan menyerah dalam balap. Akan mengandalkan kerja sama yang baik dan semangat tim dari organisasi MotoGP Yamaha.

Di Yamaha deretan nasib buruk ini dimulai dengan tiga jebolnya mesin M1 di Jerez. Kemudian kecelakaan fatal Fabio Quartararo dengan Johan Zarco terjadi di Spielberg, yang juga membahayakan nyawa Rossi.

Setelah itu, manajer proyek Yamaha MotoGP Takahiro Sumi dan lima insinyur lainnya nggak muncul di GP Le Mans. Sebab, salah satu dari mereka dinyatakan positif Covid-19. Lima lainnya harus menjalani karantina.

Berikutnya tiga kecelakaan Rossi dan tes korona positifnya sebelum GP Aragón yang pertama. Rossi pun menunggu hasil tes hingga tak ikut FP1 dan FP2 Valencia pertama pada Jumat 6 November.

Selain itu, ‘kecurangan’ Yamaha dengan katup ilegal di GP Spanyol terungkap, dan  sanksi berat bagi tim dan kejuaraan merek. Dan kemudian Yamaha harus mengakui bahwa Vinales membutuhkan mesin keenam dan karenanya harus memulai balapan di Valencia dari pit lane sebagai penalti. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Valencia-1, Spanyol 6 – 8 November 2020 Moto2 dan Moto3

MotoGP Valencia-1 2020: Vinales Tahu Masalah, Pakai Mesin M1 Ke-6, Start Dari Pit Line..!

MotoGP Valencia-1 2020: Rossi Akan Ikut FP3, Diam Soal ‘Curang’ Katup Mesin M1..!

FP2 MotoGP Valencia-1 2020: Kembali Miller Tercepat, Pengganti Rossi 19..!

 

BAGIKAN