MotoGP Valencia-1 2020: Vinales Tahu Masalah, Pakai Mesin M1 Ke-6, Start Dari Pit Line..!

ManiakMotor – Apa pun hasil kualifikasi Maverick Vinales di sirkuit Valencia, Spanyol pada Sabtu 7 November ini, nggak ngaruh buat posisi grid saat start Minggu (8/11-20).  Vinales dihukum akan start dari pit line lantaran menggunakan mesin ke-6 dari aturan  hanya boleh menggunakan 5 mesin yang telah disegel per musim.

Itu rentetan kerusakan mesin dari Jerez yang lantas Yamaha dipenalti poin kejuaraan tim dan konstruktor menggunakan katup ilegal. Vinales punya jawabannya,  “Di Jerez mereka (teknisi) baru mendeteksi masalah setelah mesin ketiga saya disegel. Itu adalah masalah terbesar, kalau tidak saya akan memiliki tiga mesin yang satu mesin lebih segar,” keluh Vinales yang posisi ketiganya di klasemen terancam, soalnya dia baru bisa start dari pit line setelah 5 detik seluruh joki lewat.

Sebaliknya, masa pakai dua mesin yang tersisa diporsir. Itulah sebabnya Vinales kedodoran di Aragón. Maka di Valencia ini, Yamaha akhirnya putuskan  menggunakan mesin tambahan dengan konsekuensi start dari pit line.

“Saya hanya memiliki dua mesin sepanjang musim, sampai sekarang. Dari dua itu, satu agak mengkhawatirkan. Tidak aman digunakan karena oli akan bocor di lintasan, berbahaya buat pembalap lain. Jadi, terpaksa pakai mesin tambahan,” kata Viñales yang merasa tak menguntungkan, sebab masalah utama M1 katanya justru pada cengkeraman ban yang sangat sulit dikendalikan.

Ditanya soal kasus katup ilegal, Vinales mengaku sama sekali nggak tahu, “Saya tidak tahu apa-apa tentang itu, sampai saat ini. Saya hanya tahu soal kerusakan mesin saya. Yamaha tentu ingin menjauhkan masalah ini dari pembalap. Asli, saya tidak tahu apa-apa soal katup. Tentu ini bukan akhir pekan terbaik dalam hidup, tapi begitulah kenyataannya,” tambah Vinales yang dari kemelut Yamaha ini akan tetap tampil bersemangat di Valencia.

Sabar ya…! Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Valencia-1, Spanyol 6 – 8 November 2020 Moto2 dan Moto3

FP1 MotoGP Valencia-1 2020: Sementara Rossi Diwakili Gerloff, Tercepat Miller..!

FP2 MotoGP Valencia-1 2020: Kembali Miller Tercepat, Pengganti Rossi 19..!

MotoGP Valencia 2020: Yamaha Akui Pakai Katup Ilegal, Hormat Pada FIM..!

BAGIKAN