nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang: Ban Intermediate Mau Dilenyapkan, Rossi Setuju Aja

Motogp, Tire, Intermediate

ManiakMotor – Musim balapan 2017, ban intermediate Michelin kemungkinan tidak akan dipakai alias disingkirkan. Dalam satu musim tahun ini, perusahaan ban asal Perancis itu menyodorkan ban untuk kondisi trek kombinasi basah dan kering. Dan setelah berjalan 17 seri, ban intermediate hanya dipergunakan di ronde ke-9 di Sachsenring, Jerman.

Ketika itu, kondisi lintasan campuran antara kering dan basah. Marc Marquez yang memenangkan lomba justru mengandalkan ban slick, sementara yang lain pakai intermediate. Dan memang, ban intermediate ini belum teruji maksimal manfaatnya.

MotoGP, ban, intermediate, Michelin
Keputusan ada pada asosiasi produsen

Makanya, saat di Malaysia, kemarin pihak Michelin membahas masa depan intermediate bersama perwakilan pembalap, komisi keselamatan dan asosiasi produsen motogp. Keputusan sekarang ada di tangan para asosiasi produsen.

Bagaimana rekasi pembalap? Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo menilai ban intermediate sangat membantu, sekalipun dipakainya pada saat latihan maupun kualifikasi. “Saya pikir, intermediate baik untuk keselamatan,” ujar Dovi.

Tapi dari pengalaman di Phillip Island, menurut Dovi, ban intermediate harus setengah-setengah. Maksudnya, kompon bannya separuh keras dan separuhnya lembut. “Itu akan lebih aman,” tegas Dovi. Tidak seperti kejadian, ketika suhu rendah, motor pakai ban keras, sehingga ada yang celaka.

Sementara Lorenzo merasa lebih nyaman dengan intermediate. Sebab, dengan slick, repot melakukan pemanasan di trek yang lembab dan ada sedikit air. “Saya tidak tahu apakah keputusan sudah diambil, tapi saya suka intermediate,” tegas calon pembalap Ducati.

Valentino Rossi merasa tidak terganggu kalaupun intermediate harus dilenyapkan. Justru ban basah Micheli menurut Rossi jauh lebih baik dari pemasok pendahulunya. “Menurut pandangan saya, Michelin dengan desain campuran tidak berbahaya dibandingkan Bridgestone. Jadi, tanpa intermediate pun bisa balap,” tutup Rossi. Rezki

BAGIKAN