nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi Ngaku Sulit Balapan Kali Ini, Tapi…..

ManiakMotor – Meski gagal menggondol juara dunia dan hanya runner up, Valentino Rossi tetap puas. Bahkan, juara dunia sembilan kali ini mengatakan, musim balap 2016 akan dikenang sebagai balapan teristimewa dalam sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP. Karena, lomba berhasil menampilkan sembilan pembalap sebagai pemenang.

Dimulai dari Mugello (Mei) yang dimenangkan oleh Jorge Lorenzo, setiap serinya dimenangkan pembalap berbeda. Abis Lorenzo, giliran Rossi (Barcelona), kemudian Jack Miller (Assen), Marquez (Sachsenring), Iannone (Austria), Cal Crutchlow (Brno), Vinales (Silverstone), Dani Pedrosa (Misano), dan Dovizioso (Malaysia). Bukan tidak mungkin, pada seri pamungkas di Valencia (13/11) akan melahirkan pemenang pembalap ke-10.

Menurut Rossi, itu bisa terjadi sangat bergantung pada kondisi cuaca. Tak heran, The Doctor sangat berterimakasih pada cuaca dan ban Michelin yang kembali sebagai pemasok tunggal, telah menjadikan balapan seru. Meski karena kedua faktor itu pula telah gagal mewujudkan ambisinya menorehkan juara dunia ke-8 (motogp) ato total ke-10.

“Saya pikir, perbedaan terbesar bagi saya adalah ban yang telah mengubah keseimbangan. Cuaca juga, terekadang basah atau basah campur kering,” kenang Rossi.

Disinggung soal balapan terakhir,  “Saya ingin mencoba total dan tampil maksimal. Akan senang jika berakhir dengan kemenangan,” sebutnya. Karena, mulai paruh kedua musim ini, dirinya banyak melakukan yang baik saat balapan, tapi tidak bisa menang.

“Di sini (Velancia), itu selalu sulit karena ini salah satu sirkuit yang lebih rumit bagi saya. Jadi, saya harus mulai konsentrasi hari sampai balapan,” tutupnya. Maliq

BAGIKAN