nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang FP3/FP4: Tampil Jelek, Rossi Bingung Sama Soal Ini

Rossi, Valencia, Motogp

ManiakMotor – Runner up dunia motogp Valentino Rossi kembali dibuat bingung sama ban ketika latihan resmi (FP) pertama di sirkuit Valencia, Kemarin (11/11). Saat FP1 pagi hari, The Doctor tercepat kedua dan hanya kalah cepat 0.387 detik atas rekan setimnya, Jorge Lorenzo sebagai yang tercepat.

Saat itu, VR mengandalkan ban kompon lunak pada bagian belakang. Biasa, suhu udara masih dingin tentu harus pakai yang lunak-lunak agar dapat pegangan. Kalau kompon keras, seperti kejadian di Phillip Island, daya cengkeram ban kurang.

“Hasil itu cukup positif, terutama di bagian terakhir. Aku merasa sangat nyaman dengan ban dan moto,” sebut Rossi. Masuk FP 2 siangnya, VR mengandalkan ban kompon keras. Meski cuaca cerah, tapi suhu udara sedikit dingin saat itu lintasan 27 derajat.

Di luar dugaan, kata Rossi, belakang motor tidak memberi grip yang baik. Sementara, banyak pembalap cepat beralih ke kompon lunak. Rossi pun ikutan. “Saya tidak merasa nyaman dengan ban depan. Belum lagi keseimbangaan motor juga kurang bagus,” keluh Rossi pada sirkuit yang tikungannya saling berdekatan lantaran termasuk sirkuit lambat, juga arahnya banyak mengarah ke kiri.

Punya waktu beberapa menit, Vale coba meningkatkan kecepatan dan tim melakukan penyetelan sesuai masukan Rossi. Hasilnya, juga tidak maksimal. “Motor tetap tidak cukup cepat, ditambah keseimbangan motor belum ketemu setingannya,” keluh VR yang akhirnya harus puas menduduki urutan kedelapan di FP2 dan berjanji fokus pada ban dan keseimbangan motor hari kedua.

Sabar Rossi masih ada kesempatan hari ini. Rezki

BAGIKAN