nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Marquez Panas Juga Pada Lorenzo

Marc Marquez Valencia Q2 F4 FP3 2016

ManiakMotor – Panas juga Marc Marquez di hari pertama MotoGP di sirkuit Valencia, Spanyol. Sosoknya yang dari awal FP1 dan P2 selalu inisiatif terdepan, kenyataannya tetap kalah cepat dari rekan senegara Jorge Lorenzo. Bahkan rata-rata di dua sesi Jumat itu, ia tertinggal 0.3 detik. Makanya hari ini atau Sabtu 12 November 2016 ia yakin bisa improve, meningkat dari segi motor dan cara mengebutnya.

Di best partial time atau kecepatan setiap sektor, Marquez selalu di bawah Lorenzo. Malah di sektor dua dia kalah dengan Maveric Vinales yang membawa Suzuki. “Hari kedua masih ada yang bisa diakal-akali (ditingkatkan) pada motor dan trik membawanya. Hari pertama sibuk dengan coba variasi ban yang paling pas. Di FP2 banyak menggunakan ban keras dari baru sampai bekas,” kata Marquez yang di FP1 ketiga di bawah Valentino Rossi dan Lorenzo, di FP2 dia kedua.

Wajar Marquez penasaran karena di FP1 dan FP2 jelang ujung sesi dia sudah tercepat. Semua keterampilannya dibongkar untuk berlari cepat saat itu. Di saat sama, Valencia yang pendek dan sempit itu, manis buat melipat-lipat RC213V. Tapi di akhir sesi sekali seperti pada dua latihan bebas itu muncul Lorenzo yang menekuk catatan waktunya.

Itu tadi dia masih berpeluang sembari menenangkan hatinya dengan bilang masih ada ruang untuk memperbaikinya. Pada bagian mana diperbaiki, dia belum cerita. Bisa dari racing line lebih tipis-tipis dan tajam masuk tikungan. Tapi di saat sama memperbaiki setelan motor agar bisa dihandling dengan cara Marquez. Kiranya begitu.

Dia sih nggak tutup mata bawa Lorenzo paling kuat yang harus diatasi. Lantas disusul Rossi dan Vinales. Sebab hanya ketiga pembalap itu yang dia sebut. “Harus positif menilai keseluruhannya. Hari ini motode pekerjaan melanjutkan yang kemarin. Saya pikir Lorenzo, Rossi dan Viñales punya tingkat yang sangat mirip kecepatannya dengan saya. Jadi tinggal sedikit lagi peningkatannya,” yakin Marquez terhadap penasaran yang bikin dia ‘panas’ di negeri sendiri. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Valencia, Spanyol 11, 12, 13 November 2016