nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Vinales Lebih Cepat Dari GSX-RR, Apalagi Pakai M1

Maverick Vinales FP3 FP2 FP4 Q2 Valencia 2016

 

ManiakMotor – Boleh dibilang seperti judul itu. Maverick Vinales lebih cepat dari motornya Suzuki. Level GSX-RR belum sampai l semestinya, boleh ditungganginya setara sekarang. Level telah menganggu ketentraman Yamaha dan Honda. Berarti dia lebih cepat dari motornya.

Kembali dia perlihatkan di hari pertama perhelatan MotoGP di Valencia, Spanyol pada Jumat 11 November 2016. Di hari pertama itu dia termasuk dari tiga pembalap yang berlari di bawah 1 menit 31 detik. “Grip ban bagus di hari pertama. Itu yang membuat percaya diri yakin cepat di FP2 dan jadinya ke-3,” kata Vinales yang menggunakan ban soft saat ketiga di FP2.

Disebut lebih cepat dari motornya, dia bisa memaksimalkan potensi motor dan dirinya. Contoh saja, saat pembalap lain belum membuka gas di tikungan tertentu, dia sudah duluan buka power. Tentu demikian pula saat mengarungi tikungan. Yang lain misalnya (lagi) hanya sanggup kecepatan tertentu, dia bisa di atas itu. Dan sebagainya taktik membalap Vinales lebih cepat dari motornya.

Boleh dilihat pada  sektor dua Valencia yang karakternya bertumpu pada membolak-balik motor. Sebab di sektor ini ada empat tikungan yang berbalasan dan satu sama lainnya menjadi satu rangkaian. Di situ teruji ketelitian Vinales menempatkan motor dengan pas. Vinales di sektor itu yang tercepat di hari pertama, kedua Marc Marquez dan ketiga Jorge Lorenzo.

Naik Suzuki saja geetu, apalagi sudah dengan M1 yang motornya dikenal cepat. Nantinya akan sama-sama cepat. Vinales ini pertama kali pegang M1 sehari usai lomba di Valencia. “Saat ini masih berpikir untuk lomba Valencia. Posisi tiga hari pertama semoga bisa diperbaiki pada Sabtu ini. Intinya saya selalu siap,” pungkas Vinales.

Ya ditunggu. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Valencia, Spanyol 11, 12, 13 November 2016

BAGIKAN