nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang : Tahun Ini Rekor Kecelakaan Tertinggi, Rossi 4 Kali

Motogp, Insiden, rekor, Rossi, 2016

ManiakMotor – Balap motogp musim 2016, meski masih satu seri lagi, tapi sudah meninggalkan beberapa catatan penting. Ya, di antaranya empat tim pabrikan papan atas, yakni Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki sama-sama menuai kemanangan, kendati kuantitasnya beda.

Malah, dua pembalap dari tim satelit berhasil menapak ke podium pertama. Jack Miller dari tim Marc VDS mampu memenangkan balapan di Assen yang dalam kondisi hujan. Kemudian Cal Crutchlow  dari skuad LCR Honda lebih perkasa dengan dua kemenangan di Brno dan Phillip Island.

MotoGP, Insiden, 2016, Rossi
Para pembalap MotoGP jatuh. Kuning keikusertaan, abu-abu jatuhnya

Trus, catatan lainnya yang bisa dibilang untuk pertama kali dalam sejarah, yakni jumlah kecelakaan dari ketiga kelas. Hingga putaran ke-17 di Sepang, Malaysia, sudah mencatat total 1.011 kecelakaan. Meningkatnya angka insiden ini berkaitan dengan peraturan teknis sehingga pembalap harus beradaptasi.

Regulasi itu menyangkut kembalinya Michelin sebagai pemasok tunggal ban. Jenis intermediate yang diperkenalkan dan tidak banyak dicoba membuat tim akan menolak tahun depan. Satu lagi, ECU seragam dari Magneti Marelli.

Dari jumlah yang 1.011 itu, tertinggi terjadi dari kelas moto3 dengan 388. Jumlah itu lebih

MotoGP, Rossi, Insiden, 2016
Jumlah kecelakaan dari tahun ke tahun

kecil 21 dari tahun lalu (409). Penurunan juga tampak di moto2 yang tahun ini menyumbang 348 kecelakaan (tahun lalu 352).

Peningkatan signifikan justru di motogp. Dari 215 insiden tahun lalu, sekarang melonjak sampai 275. Angka itu masih bisa bergerak lagi ketika digelar di Valencia, akhir pekan ini (13/11). Lho judulnya Rossi empat kalu ke mana? Maksudnya mungkin tiga kalai saat lomba. Sebab sekali Rossi memang nggak finish, tapi karena mesinnya ngebul. Rezki

BAGIKAN