nhk

MotoGP Valencia 2016 Jelang: Valentino Rossi Tetap Energik

Valentino Rossi
Latihan fisik terus dengan special engine

ManiakMotor – Umur adalah penyakit yang tak ada obatnya. Dari dokter umum sampai spesial bangat bilang, seiring umur bertambah, fungsi organ juga berkurang. Fungsi organ ini dianggap topnya saat umur 24 – 25 tahun. Lewat dari situ menurun terus. Untuk memperlambat dropnya fungsi-fungsi ini, dibutuhkan olahraga yang teratur dan hidup sehat. Itu kata dokter juga loh.

Ada hubungan dengan Valentino Rossi yang usianya 37 tahun masih melawan anak muda yang sedang top-topnya dalam organ mereka. Terkini atau  baru lalu boleh dibuktikan Rossi saat bermain di Australia. Dia start dari grid 15 dan melewati sekitar 9 pembalap untuk sampai podium ke-2. Yang dilewati itu sebagian besar anak muda yang sedang top-topnya dalam organ mereka. Itu bukti dia masih energik, to.

Menurut Jeremy Burgess mantan mekanik Rossi sendiri, bahwa The Doctor masih pemain papan atas di MotoGP. Umurnya memang boleh paling tua, “Tapi dia masih salah satu pemain yang berpotensi juara saat raceday. Memang untuk single lap kemampuan Valentino (Rossi) agak menurun,” sebut Burgess yang mendampingi Rossi sejak naik ke MotoGP sampai behenti dua tahun lalu.

Rossi tahun ini bukannya kalah dalam lomba dibanding Marc Marquez. Kalau diteliti jelas Rossi justru dari 16 seri lalu, rata-ratanya Rossi masih unggul dua seri. Tapi kan point Rossi anjlok karena nggak finish empat kali termasuk penentuannya di sirkuit Motegi.

Rossi sih bilang tahun ini hanya banyak sial saja. Sial yang jatuh itu bagian dari umur atau berkurang fungsi organ tadi, kurang tahu deh, hehe, belum ditanya ke dokter. Di saat sama menurut Rossi, lawan bisa mengembangkan motor, sedang Yamaha hanya unggul di awal-awal seri. “Pengembangan sasis pun belum sesuai harapan,” kata Rossi yang gagalnya tahun ini juara ke-10 kali nggak singgung-singgung soal umurnya.

Karena dia punya cara latihan di markas VR46. Kemarin atau Sabtu – Minggu (5-6/11) dia masih terlihat mandi keringat berlaga di sirkuit dirt track di ranch VR46 di Tavullia, Italia. Di sana juga lengkap dengan gym yang punya instruktur mengatur kebugaran The Doctor bersama menu makanannya yang terjaga ketat. Ditambah gaya hidup Rossi nggak neko-neko, dia tetap energik termasuk di seri akhir Valencia minggu ini. Pokoknya gagal juara dunia tahun ini hanya sial saja. Tahu lalu juga begitu, nyaris saja.  Ito

BAGIKAN