nhk

MotoGP Valencia 2016: KTM Bangga Tekuk Dua Motor Di Kualifikasi, Lomba Yakin Lebih Baik

KTM RC16 di Valencia 2016

 

ManiakMotor – Sepanjang sesi sebelum kualifikasi GP Valencia, KTM dalam penampilan perdana di MotoGP selalu di urutan buncit. Saat kualifikasi dan tentu saja di Q1 pada Sabtu 12 November 2016, Mika Kallio sebagai joki KTM berada di urutan 10. Kalau digabung dengan Q2, KTM RC16 Kallio berada di grid 20. Itu sama dengan mengalahkan dua motor yang start di Valencia ini ada 22.

Kontan saat Kallio menyelesaikan sesi kualifikasi itu mendapat sambutan meriah dari paddock KTM di sirkuit Valencia. Itu sudah dianggap prestasi jempol dari merek baru di MotoGP. “Tentu saja membanggakan posisi tersebut. Lebih dari itu, ini penampilan KTM di event langsung seri MotoGP. Awal yang baik untuk 2017 nanti,” sebut  Mike Leitner, Manajer Tim KTM MotoGP.

Beda lagi dengan Sebastian Risse sebagai direktur teknik KTM di MotoGP. Katanya, memang pengalaman merek KTM di MotoGP belum ada sama sekali. Itu bukan hambatan. “Pengalaman KTM soal racing, idak kalah dengan merek lain. Modal ini akan cepat mendorong KTM bisa dipandang di MotoGP ke depan,” bangga si Rise pada tim yang 2017 akan dibela Bradley Smith dan Pol Espargaro tersebut.

Maksudnya Rise ini, KTM walau baru tahun ini sentuh MotoGP, tapi pabrikannya punya modal pengetahuan teknik. Tanpa Rise sebut, siapa tak kenal dengan tim KTM di Moto3. Teknologi Moto3 ini tak kalah akal-akalannya dengan MotoGP. Di sana KTM sebagai jagoan. Belum lagi  sebut arena racing yang lain seperti motocross, KTM juga nggak ada matinya alias setara merek Jepang. Itu basis mereka tersedia untuk melangkah ke MotoGP.

Saat lomba sebentar lagi pada Minggu 13 November di Valencia, mereka yakin akan finish. Sebab itu target utama pertama kali RC16 diikutkan di MotoGP Valencia. “Saya rasa motor akan lebih baik dipakai pada lomba yang punya lap banyak. Itu kalau dibanding single lap,” tangkis Kallo yang mantan pembalap Moto2 dari Finlandia itu saat disinggung posisinya selalui di buncit di luar kualifikasi.

Selamat datang deh. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Valencia, Spanyol 11, 12, 13 November 2016