nhk

MotoGP Valencia 2016: Menarik Test-Nya Dengan Motor 2017, Vinales Pakai M1, Lorenzo GP17

Test Valencia 2016

 

ManiakMotor – Boleh dikata begitu, lebih menarik testnya ketimbang lombanya di sikuit Valencia, Spanyol. Lomba pada 13 November 2016 tersebut tinggal memperebutkan juara seri. Juara dunianya sudah ada pada Marc Marquez sejak di GP Jepang. Atau dibikin menarik saja usaha Yamaha jangan sampai nggak pernah pertama dari 10 seri lalu.

Usai lomba, besoknya para kontestan akan melakukan test. Bukan sekadar test biasa, tapi setiap merek akan merilis motor MotoGP mereka untuk edisi 2017. Makin enak dipantau  lantaran menggunakan mesin perbaikan dari 2016. Maklum aturan masa kini, mesin disegel sebelum serial dimulai alias nggak bisa dikoreksi saat grand prix berjalan, padahal aturan berubah yang dipengaruhi ECU seragam yang juga baru. Mestinya mesin 2017 lebih akurat dengan penyesuaian regulasinya.

Di test pertama untuk 2017 itu membandingkan dengan versi 2016. Contoh menungu pernyataan Honda dengan RC213V-nya. Tahulah, tahun ini motor itu dianggap kurang kejam akselerasinya. Kurang pas dengan elektronik seragam. Juara dunia 2016 didapat karena Marquez bisa merawat pointnya tanpa mengumbar emosi sejak unggul sejark seri pertama terhadap Valentino Rossi. Sementara Rossi sendiri kelewat ngotot.

“ECU terhadap mesin masih ada gejala ngejump. Ini jelas menjadi perhatian kami untuk ke depan,” kata Shuhei Nakamoto, bos Repsol Honda Team saat hadir di Sentul baru lalu. Katanya  pasukannya tahun ini bisa memperbaiki akselerasi dari pembuangan. Itu hanya bisa dilakukan pada  knalpot dan akurasi mapping elektroniknya. Maksudnya, untuk ke depan semua diperbaiki.

Beda lagi dengan Yamaha yang barusan dibicarakan Rossi sendiri, bahwa pengembangan mereka  melempem. Malah beberapa  part dijanjikan lebih baik dipasang pada M1 2017 yang ujicobanya sedang diulas ini. Test tepatnya  dimulai 14 November 2016. “Jujur saja, bahkan sasis pun pengembangannya tidak sesuai target,” kata Rossi.

Dari semua itu yang lebih menarik pembalap yang pindah tim sekaligus naik motor merek beda. Di sana ada Jorge Lorenzo yang pertama kali menunggang Ducati GP17, Maverick Vinales dengan Yamaha M1 atau Andrea Iannone dengan Suzuki-nya dan sebagainya. Tunggu saja gebrakan pertama mereka. Ito

BAGIKAN