nhk

MotoGP Valencia 2016 Pasca Race: Lorenzo Melangkah Ringan Ke Ducati

Jorge Lorenzo juara Valencia 2016

ManiakMotor – Jorge Lorenzo meninggalkan Yamaha dengan manis di Valencia, Spanyol. Lengkap, dia yang pecahin best lap Valencia atas namanya sendiri, pole position dan juara di ronde terakhir MotoGP 2016 yang berlangsung Ahad 13 November 2016. Padahal, Yamaha belakangan disebut nggak berkembang, tapi di Valencia dengan Lorenzo dibikin terbang di sirkuit yang sebenarnya sirkuit tanggung buat Yamaha, jalurnya berlawanan jarum jam pula.

Ada apa? Ya ada udang di balik batu, hehe. Maksudnya ada percaya diri yang tinggi dari Lorenzo. Ada maksud meninggalkan Yamaha dengan kenangan juara. “Ada motivasi besar dan motor sangat mendukung. Yamaha memang selalu memberikan motor yang kompetitif yang boleh nikmati membalap. Saatnya memberi kenangan pada tim yang 9 tahun bekerja bersama dengan saya,” sebut Lorenzo dengan mata berkaca-kaca karena berpisah dengan Yamaha dan selanjutnya menunggangi Ducati.

Massimo Meregalli, direktur tim Movistar Yamaha dengan diplomatis menyambut kemenangan Lorenzo. Katanya, M1 yang  dominan di Valencia di tangan Lorenzo akan jadi bahan kajian pada test pertama untuk 2017 pada Selesa (15/11-2016). “Lebih utama lagi, Jorge di masa akhirnya di Yamaha masih bisa membantu kejuaraan tim. Terimakasih buat Jorge,” sebut Meregalli.

Lorenzo memang terlihat bermain lepas pada semua sesi. Makin konstan saat race. Dia menggiring motornya dengan konsisten pada 15 lap awal (30 lap lomba) yang membuatnya langsung berjarak dengan posisi kedua sekitar 5 detik. Seolah terkejar oleh Marc Marquez di akhir-akhir lap pun, dia sudah menggunakan tabungan 5 detiknya untuk menghemat ban. Karena bannya mulai bermasalah  di sisi kiri yang depan medium dan belakang soft.

Intinya dengan juara di Valencia, Lorenzo melangkah ringan ke Ducati. Dia meninggalkan juara di seri terakhir, setelah paceklik kemenang dari Yamaha 10 seri terakhir, bukan 9 seperti tulisan cepat sebelumnya.  “Tapi saya tidak pernah menyesal meninggalkan Yamaha yang hebat, tim juara. Tapi mudah-mudahan tim berikutnya yang saya bela adalah tim yang hebat  juga dan bisa menjadi tim juara,” sebut Lorenzo tanpa sebut-sebut merek Ducati karena perjanjian kontrak dengan Yamaha begitu. Ito