nhk

MotoGP Valencia 2016 Pasca Race: Rossi, Yang Sepelekan Lorenzo Di Ducati, Nggak Ngerti Balap

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di GP Valencia 2016

 

ManiakMotor – Ducati mutakhir berbeda saat  dibela Valentino Rossi edisi 2011 – 2012. Saat itu dananya cekak, habis buat bayar The Doctor. Sekarang pendanaannya deras setelah dibeli perusahaan mobil Audi dari Jerman. Boleh membayar SDM seperti Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna agar serapan dana riset maksimal. Bahkan 2017 membayar joki sekaliber Jorge Lorenzo.

Itu Rossi sendiri yang menganalisa perkembangan Ducati. Katanya, Ducati pesat di lintasan kering, basah, model sirkuit butuh tenaga dan sirkuit sedang-sedang saja seperti Valencia. Jua dua bukti  juara tahun ini. “Makanya bodoh yang tidak menghitung Jorge (Lorenzo) di Ducati untuk 2017. Ducati saat ini punya kelebihan yang nggak ada pada merek lain, termasuk Yamaha. Akselerasinya kuat dan mudah angkat tenaga menuju trek lurus,” sebut Rossi pada crash. Itu sama saja yang menyepelekan Lorenzo di Ducati, nggak ngerti balap.

Entah kenapa Rossi ‘mengangkat’ Lorenzo. Ya mungkin karena sudah tidak semerek dengan dia. Boleh dikata, Lorenzo musuh dalam selimut selama ini, duri dalam dagim. Walau juga nanti Maverick Vinales pengganti Lorenzo di Movistar Yamaha, juga berduri. Pokoknya begitu deh, hitung-hitung sekaligus memberi semangat pada Lorenzo dengan tegak meninggalkan Yamaha, tak perlu dendam.

Seperti Rossi katakan saat dia membela Ducati tak bisa berbuat banyak. Katanya saat itu dia sudah bekerja keras, tapi nggak ada hasil. Itu tadi, belum ada SDM yang membuat perubahan banyak yang bikin  Ducati kompetitif. Maka era Rossi di sana, masuk podium saja sangat susah, apalagi juara.

Rossi mencontohkan duelnya dengan Andrea Iannone di Valencia kemarin. Akselreasi Ducati Iannone menuju trek lurus singkat dapat top speed. Di tikungan pun nggak kalah-kalah amat sekarang. “Pengembangan merek Jepang seperti Yamaha yang detil, saya rasa juga ada di Ducati sekarang. Apalagi dengan masuknya Jorge,” tambah Rossi yang lupa menceritakan dirinya saat lomba di Valencia yang hanya keempat.

Maksudnya dengan datangnya Lorenzo di Ducati, tentu membawa disiplin Jepang yang 9 tahun dibelanya. Oke deh macam mana Lorenzo di Ducati, coba lihat kesan awal saat test pertama 2017 usai GP Valencia ini, tunggu saja. Ito