nhk

MotoGP Valencia 2019; Galbusera Terus Terang, M1 Rossi Memang Asli Bermasalah Pada Ban

46 Rossi Dan Galbusera
Rossi dan Galbusera

ManiakMotor – Usai MotoGP Valencia, Spanyol pada 15 – 17 November 2019, selesai juga tugas Silvano Galbusera jadi chief mecanic Valentino Rossi. Tes Selasa depan di sirkuit yang sama, doski sudah digantikan David Munoz.

Galbusera di musim terakhirnya adalah yang pahit. Dia sebagai mekanik awalnya punya argumen M1 memang lemah. Tapi alibi itu nggak bisa digunakan lagi dengan adanya Fabio Quartararo yang memperlihatkan potensi. Padahal Quartararo hanya pembalap satelit, tentu pakai motor satelit.

Tapi Garbuse ratetap yakin dengan pendapat Rossi dan dirinya, “Bahwa memang M1 pada Vele sedikit lebih lambat. Vale memiliki lebih banyak masalah, terutama pada ban. Bisa saja dari perbedaan cara ngebut. Tetapi memang ban kurang grip dan cepat habis,” tangkis Galbusera seperti ditulis La Gazzetta dello Sport. Pak Galbu sih nggak menyalahkan Rossi, apalagi menyuruh Rossi pensiun. Lha wong dia, ya Pak Galbusera itu yang dipensiunkan duluan.

Walau Pak Galbu sudah tahu akan diganti, dia tetap bekerja profesional. Ia tetap coba beberapa inovasi teknis dan ‘meminta’ Rossi menyesuaikan riding style, agar masalah ban ini teratasi. Lebih tepatnya akan mendapatkan set-up ideal, terutama untuk kualifikasi, agar bisa start lebih di depan.

Lantas, Pak Galbusera bercerita lagi. Katanya, dalam kondisi aneh, pembalap muda selalu lebih nekat terhadap risiko. Itu ketimbang pembalap yang punya jam terbang tinggi yang sudah tahu hasil akhirnya. Karena itu, Quartararo tidak merasakan yang dirasakan Rossi, maka terlihat Quartararo lebih cepat, “Karena dia tidak menghitung  risiko,” kekeh Galbusera seperti meledek Rossi, hehe.

Ya, Pak Galbusera hrus rela, karena Rossi ingin perubahan radikal untuk membawa motivasi baru pada tim. “Saya pikir dia (Rossi) ingin coba apa saja untuk menemukan motivasi. Berikutnya entah apa dan siapa yang akan dia lakukan. Tapi ini caranya mencari suasana yang lebih hidup, selain motor,” pasrah Pak Galbusera yang menggantikan Jeremy Burgess tersebut.

Pak Galbusera menduga masih akan ada perubahan-perubahan pada tim. Tapi itu masih menunggu M1 baru 2020. “Apakah ini motor membawa perubahan lebih menggairahkan atau tidak? Itu belum saya bisa jawab, karena saat itu saya bukan lagi bersama Vale,” tutup Galbusera dengan nada datar. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Valencia 2019: Tester HRC Kritik Lorenzo Dan Crutchlow, Malas Pakai Rem Belakang..!!

Jelang MotoGP Valencia 2019: Vinales Yakin Pasaran Kontraknya 2021 Tinggi Dari Pabrikan

Jelang MotoGP Valencia 2019: Rossi Akan Bicara Setelah Hasil Seri Akhir, Soal Apa Tuh???

MotoGP Valencia 2019: Dall’Igna, Nego Kontrak 2021 Dari Sekarang..! Prioritaskan Ducati Menikung

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353