MotoGP Valencia 2020: Yamaha Dihukum, Pakai Katup Ilegal Tanpa Homologasi..!

ManiakMotor – Barusan dilansir oleh motogp.com jelang MotoGP Valencia pada Jumat 6 November 2020.  Bahwa Yamaha sedang diselidiki menggunakan katup pada mesin M1 tanpa homologasi. Penggunaan katup tersebut dilakukan Yamaha ketika di Jerez pertama.

Dari versi berbeda telah dikonfirmasi pada direktur teknik MotoGP Danny Aldridge, bahwa memang sudah terjadi pelanggaran, “Yamaha memang tidak mendapatkan izin dari asosiasi pabrikan (MSMA) untuk perubahan teknis di Jerez pada 19 Juli tersebut,” terang Aldridge yang juga diterbitkan motogp.com belakangan.

MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) adalah organisasi dalam tubuh MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor peserta. Di sana ada Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, Aprilia, KTM dan yang pernah terdaftar sebagai peserta yang diselenggarakan Dorna tersebut.

Juga sudah diakui Yamaha Motor Co., Ltd. Mereka sudah membagikan rilis tidak akan menghormati dan menerima keputusan FIM tentang protokol teknis yang salah tersebut. Mereka tidak akan mengajukan banding terhadap sanksi FIM tersebut.

Maka, Yamaha terkena sanksi lantaran tidak mematuhi protokol perubahan teknis. Maka dalam kejuaraan konstruktor Yamaha dihukuman 50 point. Jumlah itu dua kali lipat dari poin yang dimenangkan di Jerez.

Selain itu, nilai kejuaraan dunia tim, Monster Yamaha MotoGP dikurangi 20 poin. Jumlah tersebut yang dimenangkan Maverick Vinales di GP Spanyol.

Demikian juga tim Petronas Yamaha SRT kehilangan 37 poin yang kemungkinan  kesalahan perhitungan karena Quartararo dan Morbidelli hanya mendapat 25 dan 11 poin, yaitu 36.

Dengan pengurangan ini, Yamaha menyerah memimpin dalam kejuaraan konstruktor. Selain itu, Tim Monster Yamaha jatuh dari posisi keempat kekelima di belakang Red Bull-KTM di Kejuaraan Dunia Tim.

Sementara, point para pembalapnya aman, mereka lolos dari sanksi. Katanya, bisa disimpulkan pebalap tidak tahu menahu soal rahasia intrik pabrikan tersebut. Raider

BACA JUGA

MotoGP Valencia 2020: Yamaha Akui Pakai Katup Ilegal, Hormat Pada FIM..!

Jumpa Pers MotoGP Valencia-1 2020: 6 Teratas Dihadirkan, Mir Tenang, Quartararo ‘Gemetar..?’

MotoGP 2020: Hasil Tes Covid-19 Kamis Negatif, Valentino Rossi Ke Valencia..!

Hasil PCR Lecuona Positif Covid-19, Nggak Ikut MotoGP Valencia 2020

MotoGP Valencia 2020: Berat Buat Quartararo Menembus Joki-Joki Matador..!

CONSTRUCTOR CHAMPIONSHIP:
Ducati – 171
Suzuki – 163
Yamaha – 158
KTM – 143
Honda – 117
Aprilia – 36

TEAM CHAMPIONSHIP: 
Team Suzuki Ecstar – 242
Petronas Yamaha SRT – 198
Ducati Team – 180
Red Bull KTM Factory Racing – 157
Monster Energy Yamaha MotoGP – 156
Pramac Racing – 128

Pernyataan Yamaha menyusul sanksi dari FIM
Yamaha Motor Co., Ltd. membagikan posisinya menyusul penalti poin yang diberikan kepada mereka oleh FIM pada Kamis malam
Tag MotoGP, 2020, GRAN PREMIO DE EUROPA, Monster Energy Yamaha MotoGP, Petronas Yamaha SRT

Yamaha Motor Co., Ltd. mengakui, menghormati, dan menerima keputusan FIM tentang protokol yang salah yang diikuti. Itu tidak akan mengajukan banding terhadap sanksi FIM.

Karena pengawasan internal dan pemahaman yang salah tentang regulasi saat ini, Yamaha tidak memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada dan mendapatkan persetujuan dari MSMA untuk penggunaan katup oleh dua produsen.

Yamaha ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada niat jahat dalam menggunakan katup dari dua pemasok berbeda yang diproduksi sesuai dengan satu spesifikasi desain umum.

Menyusul sanksi yang diberikan oleh FIM pada Kamis 5 November, Yamaha tetap berkomitmen penuh untuk mendukung pebalap MotoGP dan kedua tim dalam pencarian gelar mereka. Ini akan membuat upaya luar biasa untuk tetap bersaing memperebutkan piala MotoGP Constructor dan Rider World Championship 2020.
Selengkapnya tentang teks sumber ini
Diperlukan teks sumber untuk mendapatkan informasi terjemahan tambahan
Kirim masukan
Panel samping

BAGIKAN