nhk

MotoGP: Yamaha Membangun M1 2018 Atas Pengalaman Rossi, Nggak Mau Kecebur (Lagi)

46 Rossi Austria 2017-2a

ManiakMotor – Dengan judul di atas, jawabannya MotoGP 2017 Yamaha tergoda kemampuan Maverick Vinales. Sampayan yang tiap saat baca MotoGP, yakin tahu arahnya. Bahwa, M1 2017 dikerjakan atas dasar mendorong Vinales juara dunia. Sayang, Vinales belum siap[ mental untuk juara MotoGP. Pengembangan M1 terutama sasis pun nggak ketemu solusinya.

Rumor yang diangguki Valentino Rossi, untuk M1 2018 akan dibangun sesuai pengalaman The Doctor. Sebenarnya, rumor itu sebagai pengantar sang reporter di sebuah radio di Italia yang menwawancara Rossi. Kata si reporter pada Rossi yang hanya angguk-angguk itu, bahwa Yamaha Racing di Iwata, Jepang akan fokus membuat M1 atas pengalamannya.

Maksudnya, Yamaha tidak akan tercebur seperti awal-awal seri langsung pada  Vinales. Sebab nggak salah juga buat Yamaha, saat test pramusim 2017 yang dominan Vinales. Para insinyur pun menggebu menyodorkan yang terbaik, walau Vinales sebenarnya nggak minta-minta. Harapannya akan juara dunia di tahun pertama membela Yamaha.

“Untuk menjawab semua ini, saya harus pastikan dulu soal kontrak selanjutnya. Bisa Yamaha yang mau atau sebaliknya? Begitu pun dari pihak saya, apakah masih sanggup? Pasti saya akan mencalonkan diri! Dan itu akan dilihat dari paruh musim 2018,” kata Rossi yang memancing mengalihkan pembicaraan. Sebab usai paruh musim ramai dengan kontrak 2019 – 2020. Kalau Rossi tanda tangan di situ, artinya dia masih dua tahun dengan Yamaha di MotoGP apa pun prestasinya.

Boleh disimpulkan juga M1 2017, bahwa Rossi juga terbawa arus, ya arusnya Vinales. Itu biasa, kan. Lalu hasilnya seperti yang 2017, ya itu urusan lain. Yang jelas, posisi ke-5 di klasemen, terburuk sepanjang Rossi membela Yamaha. Lantas ada yang lebih cepat seperti diperlihatkan Zarco di Sepang dengan M1 2017 dari Rossi dan Vinales, juga cerita beda, karena hanya terjadi saat test, bukan lomba yang nuasanya sangat jauh berbeda.

Tak usah panjang-panjang, pendeknya Rossi kembali jadi andalan Yamaha. Kan memang begitu. Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353