nhk

MotoGP2015 Austin Jelang FP1: Start Ke-200 The Kentucky Kid, Bisakah Dongkrak Amerika?

ManiakMotor – Banyak rider Amerika yang ngetop dan jadi juara di era 1970-an sampai awal 1990-an. Sebut saja Kenny Roberts, Eddie Lawson,Wayne Rainey, dan Kevin Schwanzt. Ironisnya, nama-nama keren itu tak mampu memunculkan generasi penerus yang sama-sama sangar.

Setelah Schwanzt pada1993, gelar juara dunia berikutnya milik anak Amrik pada 2000 lewat Kenny Roberts Jr dengan Suzuki. Lalu 2006 lewat Nicky Hayden di atas Honda. Khusus Hayden jurdun meski saat itu hanya dua juara seri dalam 17 putaran. Silakan juga kalau dibilang faktor keberuntungan karena ia hanya unggul 5 poin atas Valentino Rossi di akhir musim, tak lain karena apesnya The Doctor akibat kecelakaan di seri terakhir Valencia.

Kini Hayden masih aktif dalam usia 33 tahun.Yang bikin prihatin fans Amrik karena Hayden adalah satu-satunya pembalap AS di semua kelas musim ini. Lebih istimewa lagi, saat raceday 12 April nanti atau 13 April WIB, Hayden mencatatkan start ke-200 di kelas primer.

Sekaligus bikin sejarah pembalap Amrik terbanyak. Tapi, apalah artinya start macam itu jika finish-nya tak sesuai harapan. “Angka itu jadi penyemangat saja. Sangat penting mencapai hasil  bagus di depan fans sendiri,” ujar rider berjuluk The Kentucky Kid itu.

Yang ia bilang bagus jelaslah bukan posisi podium, apalagi juara. Tunggangan RC213V-RS yang merupakan pengembangan versi RCV1000R tahun lalu ternyata belum kompetitif. Melawan sesama joki Open Class saja masih linglung. Macam di kelas lokal Indonesia, Honda juga sedang linglung, nggak ada prestasi.

Maka, wajarlah Schwanzt yang kini jadi konsultan di Sirkuit Austin itu mengeluh. Minimnya jumlah dan reputasi rider Amrik, katanya, sangat punya andil untuk menghadirkan limpahan penonton ke sirkuit. “Jika Nicky atau pembalap AS berikutnya bisa tampil regular di baris depan, akan sangat  mudah melipatgandakan penonton di sini,” katanya.

Betul bos, tapi kapan? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Austin Amerika Jelang FP1: Crutchlow Pakai Sasis RC213V Terbaru Mestinya Buat Pedrosa

MotoGP 2015 Austin Jelang FP1: Ducati GP15 Sangat Percaya Diri

MotoGP 2015 Austin: Rossi Tetap Menjagokan Marquez, Dia Sendiri Berharap Podium

MotoGP 2015 Jelang Austin: Jurus Galbusera Pada M1 Rossi Di Amerika

 

 

 

BAGIKAN