nhk

MotoGP2015 Jerez (Jelang FP3/Q2): Momentum Lorenzo Perkuat Posisi, Tak Ada Tempat di Ducati

 

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo tengah on fire di FP1 dan FP2 ronde 4 MotoGP di sirkuit Jerez, Spanyol. Semangatnya menyala-nyala. Fisik tengah oke, mental bagus, M1 pun oke. Momen bagus untuk bidik podium pertama musim 2015 dan mungkin juga gelar juara, terlebih main di depan seabrek fans setia.

Untuk menjaga posisi tetap di jalur kejuaraan dunia, JL memang dituntut menjuarai GP Spanyol atau setidaknya naik podium. Saat ini poinnya defisit 29 dari Valentino Rossi, tertinggal dari dua jolki Ducati dan unggul hanya sebiji poin atas Marc Marquez. Sementara ini JL memang unggul psikologis berkat posisi tercepat di FP1 dan 2.

Tapi, itu sama sekali belum jaminan bakal tokcer pula saat balapan. Pasalnya, waktu tercepat ia toreh pada sesi pagi yang berlangsung dalam cuaca teduh. Begitu terik matahari menyengat di sesi FP2, speed M1-nya pun mengendur meski kemudian kembali tetap tercepat setelah ganti ban kompon medium di roda belakang.

Padahal, untuk balapan sepanjang 27 laps, kompon medium itu dinilai kurang ampuh, terlebih jika suhu udara tetap panas. “Saya tak berpikir macam-macam. Hanya coba mengendarai motor mengikuti insting dan itu membuahkan hasil bagus. Saya ingin menunjukkan hal yang sama di sesi berikutnya sampai balapan,” kata JL.

Ia juga bilang suasana hatinya tengah nyaman terkait masa depan di Yamaha. Ia dan Yamaha punya opsi kontrak sampai 2016 tapi masing-masing pihak boleh putuskan kontrak di akhir musim 2015 jika dikehendaki. Di GP Spanyol dipastikan bos Yamaha JL tetap dalam tim hingga 2016. “Bahagia karena Yamaha masih percaya dan mendukung eski situasi dalam dua tahun terakhir. Kami punya prestasi sebelumnya, sepertinya tahun ini akan kami ulang lagi,” tegas JL yang sejak tahun lalu diisukan bakal hengkang ke Ducati.

Sekadar info tambahan, tokoh sentral Ducati Luigi Dall’Igna memang pernah bilang  kepincut pada JL. Ia ingin merekrutnya jika Desmosedici sudah bisa bersaing dengan Honda dan Yamaha. Kini Ducati mampu bersaing lewat GP15, tapi sepertinya tak ada tempat buat JL tahun depan. Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone sudah diikat kontrak hingga 2016. Sejauh ini kinerja kedua joki itu pun oke-oke saja sehingga tak ada alasan logis untuk mendepaknya. So, tetap di Yamaha adalah opsi terbaik buat JL. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Jerez, Spanyol 1, 2, 3 Mei 2015

MotoGP2015 Jerez (Jelang FP3&Q2): Jari Kesakitan, Marquez Masih Merasa Kurang Kencang

MotoGP2015 Jerez Jelang FP3/Q2: Ngotot Pakai Ban Keras, Rossi Fokus Taktik Balapan

MotoGP 2015 Jerez: Jarvis Jamin, Lorenzo Tetap Di Yamaha 2016, Dipagari Ke Ducati!

MotoGP 2015 Jerez (FP2): Lagi, Lorenzo Tercepat, Rossi Lacak-Lacak Set-up Hanya Ke-13

BAGIKAN