nhk

MotoGP2015 Jerez Jelang FP3/Q2: Ngotot Pakai Ban Keras, Rossi Fokus Taktik Balapan

 


 

ManiakMotor – Menang di Jerez, di depan publik Spanyol yang selalu bergelora. Itulah yang ada di benak Valentino Rossi. Maka fokusnya pada FP1 dan 2 sepenuhnya lacak-lacak set-up untuk kepentingan raceday. FP3 pada Sabtu (2/5) hal sama masih berlanjut, yang penting masuk 10 Besar agar lolos otomatis ke sesi Q2.

Konsentrasi The Doctor pada setingan raceday terlihat jelas di sesi FP2. Ia tetap pakai ban belakang berkompon keras (hard tyre). Bisa saja disesuaikan dengan suhu udara dan lintasan. Pada FP1 suhu udara hanya 21oC sementara suhu lintasan 23oC. Cuaca teduh itu cenderung cocok dengan karakter M1 dan Rossi bisa finish urutan 5 tercepat.

Beda dengan FP2 dalam suhu udara dan lintasan mencapai 28oC dan 43oC. Saat rekan setimnya ganti ban belakang berkompon medium dan cetak fastest lap, Rossi keukeuh dengan ban kerasnya. Pasalnya, kisaran waktu FP2 akan sama dengan jadwal balapan pada Minggu (3/5) dengan prediksi cuaca yang relatif sama. “Sepanjang latihan saya pakai ban keras karena menganggap jenis ban itulah yang paling kuat untuk balapan (27 laps), tapi belum ketemu setingannya. Grip sangat lemah, ban belakang kerap mlintir. Ban berkompon lebih lunak bisa saja jadi pilihan, namun akan  menyulitkan saat balapan,” ujar Rossi.

FP3 dan 4 akan jadi sarana terakhir The Doctor menentukan pilihan set up yang dibawa ke lomba. Seperti FP1 dan 2, ia tak terlalu pusingkan catatan waktu. Yang penting bertahan di 10 Besar agar tak terjerembab ke sesi Q1 bersama para pembalap Open Class. Pasalnya, Rossi hanya urutan 13 di FP2 dan dari gabungan sesi FP1 dan 2 doski urutan 9 tercepat.

“Sejauh ini ban keras belum seperti harapan. Berarti banyak hal yang harus kami kerjakan pada Sabtu pagi, mulai dari ban, stabilitas motor, dan sejumlah opsi lainnya,” ujar The Doctor tanpa merinci opsi apa saja, tapi jika bicara set up berarti paket keseluruhan untuk melibas 13 tikungan Circuito de Jerez.

Kira-kira demikian Gan! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Jerez, Spanyol 1, 2, 3 Mei 2015

MotoGP 2015 Jerez: Jarvis Jamin, Lorenzo Tetap Di Yamaha 2016, Dipagari Ke Ducati!

MotoGP 2015 Jerez (FP2): Lagi, Lorenzo Tercepat, Rossi Lacak-Lacak Set-up Hanya Ke-13

MotoGP 2015 Jerez (FP1): Lorenzo Tercepat Latihan Bebas Pertama

MotoGP 2015 Jerez (Jelang FP1): Pakai Sarung Tangan Kesakitan, Marquez Tetap Pol-Polan

BAGIKAN